Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkop Dorong CSR Swasta Berdayakan Koperasi

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mendorong perusahaan swasta dan perguruan tinggi bisa merumuskan secara konkret program yang tepat untuk memberdayakan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 17 Desember 2013  |  13:56 WIB
Menkop Dorong CSR Swasta Berdayakan Koperasi

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mendorong perusahaan swasta dan perguruan tinggi bisa merumuskan secara konkret program yang tepat untuk memberdayakan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Hal itu diungkapkannya pada workshop pengembangan kerja sama peran dunia usah, perguruan tinggi untuk memberdayakan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) melalui program corporate social responsibility (CSR) dan program kemitraan bina lingkungan (PKBL).

”Workshop ini semoga menghasilkan solusi terbaik dan bermanfat bagi masyarakat. Khususnya bagi pengembangan kemitraan antara KUMKM dengan perusahan BUMN yang mempunyai dana dari program CSR dan PKBL,” katanya, Selasa (17/12/2013).

Menurut dia, kegiatan CSR sudah kerap dilaksanakan Kementerian BUMN melalui perusahaan BUMN, dan dikemas dalam berbagai paket seperti pendidikan, kesadaran lingkungan, kesehatan, kewirausahaan, pemberdayaan usaha produktif, melalui wadah UMKM.

Pembinan melalui dana CSR bisa dilakukan perusahaan BUMN berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, serta Peraturan Pelaksana Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan.

Berarti penerapan CSR merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan secara serius. Yang pasti, CSR bukan program bantuan sosial atau bagi-bagi laba. Undang-undang telag mengatur hal tersebut.

Sebagai salah satu komponen penting dalam perekonomian nasional, perusahaan swasta maupun BUMN memiliki peran penting memcu pertumbuhn ekonomi masyarakat. Ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial-moral setiap institusi bisnis atau pelaku usaha.

”Adapun peran perguruan tinggi sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang pendidikan tinggi pasal 3 ayat 1, menyatakan perguruan tinggi menyelenggarakan pendidukan tinggi dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat,” kata Sjarifuddin.

Semakin banyaknya perusahaan yang melaksanakan kegiatan CSR dan PKBL dalam konteks pemberdayaan UMKM, harus diakui berdampak positif karena jumlah UMKM saat ini mencapai 56,5 juta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Karena itu pemberdayaannya tidak bisa hanya mengandalkan satu pihak tertentu saja, seperti yng dilakukan pemerintah. Diperlukan sinergi antara pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha serta masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

csr uu koperasi
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top