Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan menyerahkan 17 unit kapal Inka Mina kepada kelompok unit usaha (KUB) nelayan Sulawesi Tengah.
 
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan penyerahan kapal Inka Mina merupakan bagian dari program peningkatan kehidupan nelayan (PKN). 
 
"Kapal yang diserahkan adalah 15 unit kapal Inka Mina berukuran 30 gross ton dan 2 kapal berukuran 20 GT kepada nelayan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah," ujar Sharif dalam keterangan pers, Sabtu (14/12).
 
Dalam kesempatan tersebut, KKP juga menyerahkan 15.000 Kartu Nelayan kepada nelayan di 11 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah. Selain itu, KKP turut menyerahkan bantuan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) bidang Perikanan Tangkap kepada 110 KUB di 9 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah senilai Rp11 Miliar. 
 
"Hari ini juga diresmikan operasional mini plant prosesing ikan Tuna di pelabuhan perikanan (PPI) Donggala," imbuhnya. 
 
Pada 2014, lanjut Sharif, program PKN manargetkan akan membenahi sebanyak 2.834 desa pesisir di 33 propinsi, 251 kabupaten, dan 809 kecamatan yang tersebar
diseluruh wilayah Indonesia.
 
Sharif menuturkan program PKN ditujukan untuk meningkatkan wirausaha dan pendapatan nelayan. Program ini mencakup tiga jenis bantuan. Pertama, bantuan berupa sertifkat hak atas tanah, peralatan sistem rantai dingin, rumah sangat murah, listrik murah, BOS dan bea siswa anak nelayan serta pelatihan basic safety training dan layanan kesehatan.  
 
Kedua, kelompok bantuan berupa penyediaan kapal penangkap ikan ukuran 10 GT, 15 GT dan 30 GT, PUMP Perikanan tangkap, PUMP Pengolahan, PUMP perikanan budidaya, PUGAR, konversi BBM ke Gas serta pendampingan kelompok dan Usaha rumput laut.
 
Program PKN juga berupa sarana dan prasarana pendaratan ikan, cold storage, SPDN, angkutan murah roda tiga berinsulasi, sarana air bersih dan fasilitas pelabuhan serta
pengerukan pelabuhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper