Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pewaralaba Lokal Percaya Diri Hadapi Investor Asing

Para pelaku usaha waralaba nasional tetap optimistis mampu bersaing dan bertahan di negeri sendiri di tengah gempuran pewaralaba asing yang terus membanjiri pasar Tanah Air.

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha waralaba nasional tetap optimistis mampu bersaing dan bertahan di negeri sendiri di tengah gempuran pewaralaba asing yang terus membanjiri pasar Tanah Air.

Anita Feng, Pemilik Royal Garden Family Spa dan Reflexology mengakui brand asing yang masuk ke Indonesia memang telah dibekali dengan SOP, SDM, dan sistem yang lebih tertata. Namun, sambungnya, bukan berarti waralaba Indonesia akan tersingkir.

“Karena pewaralaba lokal lebih memahami strategi marketing sesuai dengan keinginan konsumen, lebih memahami secara emosional kebutuhan konsumen maupun para franchisee sehingga kita bisa tetap eksis, dan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi multinasional brand,” ucapnya ditemui di sela acara Internasional Franchise Business Concept 2013  Jumat (29/11/2013).

Hanya saja yang juga perlu diperhatikan oleh pewaralaba nasional agar usahanya dapat terus tumbuh dan bertahan ialah dengan membangun tim yang kuat, membuat SOP yang bagus, serta terus melakukan berbagai inovasi-inovasi secara lebih kreatif. “Ketika fondasinya sudah kuat, maka akan lebih mudah untuk bisa bersaing.”

Di samping itu, tawaran bisnis yang lebih terjangkau dari pewaralaba nasional juga lebih menarik bagi para pemula yang ingin berbisnis menjadi terwaralaba. Model bisnis ini pun bisa lebih saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Bagi terwaralaba, dia dapat menjalankan bisnis yang sudah memilki brand yang kuat, tersistem dengan standarisasi yang telah ditetapkan sehingga tanpa harus memulai dari awal. Sedangkan pewaralaba, dapat lebih ekspansif mengembangkan bisnisnya tanpa harus mengeluarkan modal besar. Yang diperlukan ialah kesiapan sistem, standar operasional, serta dukungan bagi terwaralaba sehingga usaha mereka juga ikut berkembang.

“Suksesnya kami, jika terwaralaba juga sukses. Karena itu kami terus mendukung dan memberikan berbagai strategi-startegi agar mereka juga dapat berkembang. Dalam bermitra, kami tidak mengejar kuantitas yang penting ada kecocokan chemistry dan passion yang sama sehingga dapat sukses bersama,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper