Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Non-aero Bandara Sepinggan Ditarget Naik 3 Kali Lipat

Sesuai dengan rencana, target pendapatan non-aero yang berasal dari kawasan komersial di Bandara Sepinggan meningkat hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sesuai dengan rencana, target pendapatan non-aero yang berasal dari kawasan komersial di Bandara Sepinggan meningkat hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Balikpapan Wendo Asrul Rose mengatakan saat ini realisasi pendapatan non-aero mencapai Rp17 miliar per tahun.

“Minimal harus bisa meningkat tiga kali lipat. Tapi kami yakin bisa lebih dari itu. Kuncinya harus kreatif,” ujarnya Kamis (21/11/2013).

Rencananya, pada terminal lama akan dibangun penginapan yang menyentuh segmen menengah ke bawah, untuk memfasilitasi penumpang dari daerah yang jauh tetapi tidak sanggup menginap dengan tarif yang mahal.

Konsep boutique mall di bandara juga diharapkan dapat menambah konsumen yang berbelanja di bandara.  Menggunakan sistem pemeriksaan barang tunggal, akan menambah pangsa pasar yang selama ini sebagian besar hanya menyasar penumpang saja.

Upaya memacu pendapatan dari bisnis nonaeronautika ini karena adanya pembentukan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum Navigasi) yang mendominasi komposisi pendapatan hingga 70%. Karena itu, perlu penyesuaian sejak dini agar pendapatan non-aero bisa menggantikan kontribusi pendapatan aero.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper