Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Siap Akuisisi TPPI, Ini Syaratnya

PT Pertamina (Persero) siap mengakuisisi PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) jika sudah ada kejelasan mengenai penyelesaian utang dan kewajiban lain perusahaan itu.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) siap mengakuisisi PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) jika sudah ada kejelasan mengenai penyelesaian utang dan kewajiban lain perusahaan itu.

Afdal Bahaudin, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, mengatakan perseroan siap mengakuisisi TPPI jika diminta pemerintah. Akan tetapi, masih ada pemegang saham lain dan utang perusahaan itu yang harus dikaji oleh pemerintah.

“Ada pemegang saham lain dan juga utang TPPI yang harus di-exercise, selain juga kewajiban holding itu sendiri,” ujarnya, Rabu (30/10).

Afdal menuturkan dalam waktu dekat Pertamina akan memanfaatkan kilang TPPI untuk mengolah kondensat. Perseroan nantinya akan membayar ongkos pengolahan tersebut kepada TPPI, dan mengambil seluruh produk olahan kondensat itu.

Menurut rencana, kilang itu akan mulai berproduksi pada minggu pertama November 2013, tetapi Pertamina tidak dapat mengungkapkan berapa ongkos pengolahan yang dikenakan perusahaan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya mendorong Pertamina mengakuisisi kilang pengolahan bahan bakar minyak di Tuban, Jawa Timur. Pengambilalihan saham Inalum yang dilakukan pemerintah menurutnya, bisa menjadi contoh bagi badan usaha milik negara agar berani mengambil alih kontrak yang dikuasai investor asing.

“Ini bisa menunjukkan bahwa pengakhiran kontrak jangka panjang tidak menimbulkan masalah, baik dari investasi maupun kemampuan perusahaan. Saya akan minta Pertamina bersiap mengambil alih Kilang TPPI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper