Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Siap Akuisisi TPPI, Ini Syaratnya

PT Pertamina (Persero) siap mengakuisisi PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) jika sudah ada kejelasan mengenai penyelesaian utang dan kewajiban lain perusahaan itu.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 30 Oktober 2013  |  17:49 WIB
Pertamina Siap Akuisisi TPPI, Ini Syaratnya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) siap mengakuisisi PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) jika sudah ada kejelasan mengenai penyelesaian utang dan kewajiban lain perusahaan itu.

Afdal Bahaudin, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, mengatakan perseroan siap mengakuisisi TPPI jika diminta pemerintah. Akan tetapi, masih ada pemegang saham lain dan utang perusahaan itu yang harus dikaji oleh pemerintah.

“Ada pemegang saham lain dan juga utang TPPI yang harus di-exercise, selain juga kewajiban holding itu sendiri,” ujarnya, Rabu (30/10).

Afdal menuturkan dalam waktu dekat Pertamina akan memanfaatkan kilang TPPI untuk mengolah kondensat. Perseroan nantinya akan membayar ongkos pengolahan tersebut kepada TPPI, dan mengambil seluruh produk olahan kondensat itu.

Menurut rencana, kilang itu akan mulai berproduksi pada minggu pertama November 2013, tetapi Pertamina tidak dapat mengungkapkan berapa ongkos pengolahan yang dikenakan perusahaan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan sebelumnya mendorong Pertamina mengakuisisi kilang pengolahan bahan bakar minyak di Tuban, Jawa Timur. Pengambilalihan saham Inalum yang dilakukan pemerintah menurutnya, bisa menjadi contoh bagi badan usaha milik negara agar berani mengambil alih kontrak yang dikuasai investor asing.

“Ini bisa menunjukkan bahwa pengakhiran kontrak jangka panjang tidak menimbulkan masalah, baik dari investasi maupun kemampuan perusahaan. Saya akan minta Pertamina bersiap mengambil alih Kilang TPPI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

utang tppi pertamina hulu energi
Editor : Bambang Supriyanto
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top