Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doing Business 2014, Wamenkeu: Tak Adil Bandingkan RI vs Singapura

Pemerintah berpendapat tidak adil jika membandingkan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia dalam Laporan Doing Business 2014 Bank Dunia mengingat kondisi di Indonesia yang lebih kompleks. Peringkat Indonesia anjlok ke posisi 120 dari 116.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 29 Oktober 2013  |  21:07 WIB
Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S Brodjonegoro
Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S Brodjonegoro

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah berpendapat tidak adil jika membandingkan Indonesia dengan Singapura dan Malaysia dalam Laporan Doing Business 2014 Bank Dunia mengingat kondisi di Indonesia yang lebih kompleks.

Wakil Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengemukakan Indonesia lebih luas secara geografis dibanding Singapura dan Malaysia sehingga wajar jika memiliki problem iklim usaha yang lebih serius. Kedua negara jiran itu meraih peringkat masing-masing 1 dan 6.

“Itu [hasil survei Doing Business] memang cermin kita sendiri. Tapi, tidak fair kalau membandingkan Singapura yang levelnya kota dengan Indonesia yang dari Sabang sampai Merauke,” katanya menanggapi Laporan Doing Business 2014 Bank Dunia, Selasa (29/10/2013) .

Menurutnya, akan lebih adil jika membandingkan Indonesia dengan Thailand atau Filipina yang memiliki kompleksitas kurang lebih sama meskipun  kedua negara meraih ranking lebih baik, yakni masing-masing 18 dan 108.

Peringkat Indonesia anjlok ke posisi 120 dari 116 dalam Laporan Doing Business 2013. Sebelum laporan 2013 direvisi karena ada koreksi data, Indonesia menduduki peringkat 128.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank dunia iklim usaha doing business
Editor : Fatkhul-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top