Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelopor Koperasi Raih Danamon Social Entrepeneur Award 2013

Sukmariah mendapatkan penghargaan Danamon Social Entrepeneur Award 2013 terfavorit karena aktif memberdayakan masyarakat sekitar melalui koperasi simpan pinjam dan binaan.nn
Donald Banjarnahor
Donald Banjarnahor - Bisnis.com 29 Oktober 2013  |  15:29 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sukmariah mendapatkan penghargaan Danamon Social Entrepeneur Award 2013 terfavorit karena aktif memberdayakan masyarakat sekitar melalui koperasi simpan pinjam dan binaan.

Sukmariah yang mendapatkan julukan Srikandi Koperasi merupakan warga Tangerang, Banten. Dia  terbukti dapat memberdayakan masyarakat di sekitarnya melalui pendirian koperasi simpan pinjam dan binaan.

Koperasi tersebut selain memberikan pinjaman modal kepada masyarakat juga memberikan pembekalan ilmu keterampilan seperti menjahit, pembuatan sepatu.

Seiring waktu berjalan, manfaat adanya koperasi simpan pinjam telah dirasakan sekitar 100 pengusaha kecil, 190 fakir miskin, 30 penjahit konveksi, 13 anak terlantar serta 20 ibu yang telah diberikan pelatihan gratis menjahit.

Selain membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka secara mandiri, inisiatif Sukmariah ini mendorong pemberdayaan wanita.

Selain Sukmariah, ada empat orang penerima Danamon Social Entrepreneur Awards 2013, yakni Eko Mulyadi sang Pendorong Kemandirian, Jumali W. Purwito sang Ksatria Pogog, Umar Hussein sang Penjahit Cinta dan Sunarni sang Penyambung Asa.

Pemilihan juara terfavorit dilakukan melalui voting lewat website dan jejaring sosial. Seluruh peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 menerima medali, piagam penghargaan dan hadiah uang tunai.

Jumlah uang tunai yang diterima oleh Sukmariah sebagai peraih terfavorit adalah sebesar Rp60 juta dan keempat peraih penghargaan lainnya masing-masing menerima Rp40 juta .

Henry Ho, Direktur Utama Bank Danamon, mengatakan penghargaan ini merupakan wujud apresiasi perseroan kepada individu-individu yang telah berhasil dan terbukti dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan di sekitarnya melalui solusi kewirausahawan.

“Para social entrepreneur yang meraih penghargaan pada malam hari ini memiliki semangat juang tinggi dan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitarnya untuk mandiri melalui inisitatif yang berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa, (29/10/2013).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank danamon indonesia lembaga pengelola dana bergulir koperasi jaringan bisnis ukm
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top