Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNM Bantu 300 Debitur untuk Pelatihan Usaha

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha kepada sekitar 300 mitra atau debiturnya dari Cirebon, Makassar dan Jambi.
ilustrasi/bisnis.com
ilustrasi/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha kepada sekitar 300 mitra atau debiturnya dari Cirebon, Makassar dan Jambi.

Executive Vice President PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Arief Mulyadi mengatakan sebagai perusahaan pembiayaan nasional, PNM fokus menyalurkan bantuan pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Bantuan permodalan memang menjadi kebutuhan, tetapi tidak semata-mata berupa uang. Para pelaku UMKM juga memerlukan modal ilmu untuk mengembangkan usaha,” ujarnya kepada Bisnis melalui keterangan resminya, Jumat (8/11/2013).

Pelatihan yang diberikan tidak hanya sekedar memberi pengetahuan dan motivasi bagi peserta. PNM berharap mereka bisa saling berkomunikasi sehingga mampu memperluas jaringan bisnis di antara mereka.

Pelatihan diberikan mulai dari yang paling dasar agar UMKM bisa mengelola usahanya lebih profesional. Pelatihan disesuaikan dengan karakteristik debitor, mulai dari jenis usaha, letak geografis, hingga kemampuan dan pengetahuan usaha.

Maimun Bakri, pimpinan PNM Cabang Makassar, mengatakan pertumbuhan penyaluran pembiayaan sepanjang tahun ini sampai Oktober 2013 mencapai Rp227,1 miliar atau naik sekitar 12,76% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp201,4 miliar.

Kenaikan penyaluran pembiayaan di Makassar juga didorong pertumbuhan debitur yang mencapai 19,4%, atau menjadi 4.756 orang hingga Oktober 2013. Jumlah periode sama tahun sebelumnya 3.983 debitur.

“Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan usahanya. Hal ini yang mendorong tercapainya kinerja positif PNM di daeah Sulawesi Selatan, dan Makassar khususnya,” ujar Maimun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper