Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Rumah Bersubsidi Diperkirakan Tembus Rp100 Juta

Perusahaan Realestat Indonesia memperkirakan kenaikan harga rumah bersubsidi akan terjadi dalam waktu dekat

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Realestat Indonesia memperkirakan kenaikan harga rumah bersubsidi akan terjadi dalam waktu dekat.

Meski belum diketahui besaran pastinya, harga rumah bersubsidi diperkirkan mencapai lebih dari Rp100 juta. Seperti diketahui, harga rumah bersubsidi diatur berdasarkan zonasi dengan harga mulai dari Rp88 juta hingga Rp145 juta.

Ketua Umum DPP REI Setyo Maharso menuturkan Kementerian Perumahan Rakyat sudah menyetujui rencana penaikan harga tersebut. Hanya, sambungnya, belum diputuskan besaran persentase pastinya.

"Hanya menunggu persentase kenaikan saja. Bisa 20%, 25%, atau 30%. Selama di atas Rp100 juta, kami setuju. Yang pasti akan naik. Harusnya sebentar lagi," ujarnya, Kamis (17/10/2013).

Dia menilai jika harga jual rumah bersubsidi berdasarkan patokan harga yang berlaku saat ini, pengembang hanya bisa melakukan penjualan dan akan sulit melakukan pembangunan kembali.

Penjualan yang terjadi pada waktu belakangan, jelasnya, merupakan penjualan pada rumah-rumah yang sudah berdiri. Untuk rumah yang baru akan dibangun, tutur Setyo, masih menunggu kepastian kebijakan dari pemerintah terkait dengan besaran harga.

Dia menjabarkan komponen harga tanah pada pembangunan rumah bersubsidi mencapai 50% dari total biaya produksi yang digunakan. Kendati spesifikasi bangunan rumah dikurangi, beban biaya pembangunan tetap tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper