Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REI Tolak Aturan Bank Indonesia soal Uang Muka KPR

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Realestat Indonesia Setyo Maharso menegaskan telah mengirimkan surat penolakan terkait aturan yang disusun oleh Bank Indonesia (BI).
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 25 September 2013  |  17:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP Realestat Indonesia Setyo Maharso menegaskan telah mengirimkan surat penolakan terkait aturan yang disusun oleh Bank Indonesia (BI).

REI kini menunggu pertemuan langsung dengan BI untuk membahas hal itu lebih lanjut.

“Kita menjadi bertanya-tanya. Sebetulnya di negara ini sedang ada masalah apa, sehingga Bank Indonesia mengeluarkan aturan semacam itu? Karena pada dasarnya tidak ada masalah sama sekali di lapangan,” katanya, Rabu (25/9/2013).

Terkait dengan aturan pembatasan pembayaran uang muka pada kredit pemilikan rumah kedua dan seterusnya, dia mengatakan seharusnya penilaian kemampuan calon konsumen bisa diserahkan langsung kepada masing-masing bank.

“Bank pasti mempunyai kehati-hatian. Biar bank yang menentukan apakah konsumen tersebut mampu atau tidak, dan menilai daya angsur mereka. Besaran uang muka yang harus dibayar, akan menyesuaikan,” ujarnya.

Dia mengatakan sejak awal pengembang dan perbankan sudah melakukan perjanjian kerja sama terkait jaminan pembangunan proyek. Menurutnya, melalui pengetatan yang dilakukan secara berlebihan, dikhawatirkan investasi properti akan lari ke luar negeri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti rei ltv setyo maharso
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top