Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merak:Kiat Pemudik Menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni

Bisnis.com, MERAK -  PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak meminta pemudik Lebaran yang hendak menyeberang Pelabuhan Bakauheni, Lampung berangkat siang hari untuk mengurangi penumpukan arus penumpang dan kemacetan

Bisnis.com, MERAK -  PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak meminta pemudik Lebaran yang hendak menyeberang Pelabuhan Bakauheni, Lampung berangkat siang hari untuk mengurangi penumpukan arus penumpang dan kemacetan kendaraan.

"Saya kira mudik siang hari tentu manfaatnya cukup besar, selain keselamatan penumpang terjamin juga tidak terjadi kemacetan," kata Manager Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna, Minggu (28/7/2013).

Ia mengatakan, selama ini kebanyakan pemudik bertujuan Pulau Sumatera berangkat malam hari, sehingga sering terjadi penumpukan penumpang dan antrean kendaraan di pelabuhan penyeberangan Merak.

Karena itu, pihaknya berharap pemudik Lebaran diminta berangkat siang hari. PT ASDP akan memberikan potongan harga tiket jika melakukan perjalanan siang hari. "Kami memperkirakan Lebaran 2013 terjadi kenaikan sekitar 10%," katanya.

Menurut dia, mudik malam hari sangat beresiko besar terhadap korban jiwa apabila terjadi kecelakaan laut sebab evakuasi mengalami kesulitan terutama penerangan.

Selain itu mudik malam hari terjadi penumpukan dan kemacetan kendaraan karena datang ke Pelabuhan Merak tiba secara bersamaan. "Selama ini pengalaman mudik tahun-tahun lalu kebanyakan perjalanan malam hari dan diharapkan beralih ke siang hari," ujarnya.

Ia menyebutkan, ASDP Merak berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan.

Pelayanan itu, kata dia, antara lain penyedian lahan parkir, memberikan jalur khusus penyandang cacat dan lansia serta ruangan menyusui. "Semua pelayanan itu guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan penumpang," katanya.

Sementara itu, sejumlah penumpang mengaku saat ini pelayanan ASDP Merak cukup baik sehingga diharapkan ke depan terus dipertahankan. "Kami sangat mendukung pemudik Lebaran sebaiknya berangkat malam hari," kata Mulyadi, seorang penumpang yang hendak menuju Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper