Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APERSI: Bakal Bangun 1.000 Unit Rumah Gratis

BISNIS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mencanangkan pembangunan 1.000 unit rumah gratis bagi masyarakat miskin.Ketua Umum Apersi Eddy Ganefo mengatakan rumah gratis seharga sekitar Rp88 juta itu
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Juni 2013  |  19:06 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mencanangkan pembangunan 1.000 unit rumah gratis bagi masyarakat miskin.

Ketua Umum Apersi Eddy Ganefo mengatakan rumah gratis seharga sekitar Rp88 juta itu akan diberikan kepada masyarakat miskin berprestasi.

"Misalnya prestasi pendidikan, atau atlet dan mantan atlet yang tidak mampu," katanya sesuai acara jumpa pers menjelang Musyawarah Nasional (Munas) IV di kantor Apersi, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (7/6/2013).

Eddy menjelaskan, program pembangunan rumah gratis ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi Apersi dan membantu masyarakat miskin saja.

"Kita juga ingin memancing anak bangsa untuk terus berprestasi," katanya.

Rumah gratis yang rencananya akan diberikan dengan cara seperti reality show melalui siaran televisi itu akan dimulai pada awal bulan puasa tahun ini.

"Rencana awal kita lakukan di Banten dulu," katanya.

Dalam proses pemberian rumah gratis tersebut, Apersi melibatkan tim seleksi dari anggota Apersi, Pemerintah Daerah, Perbankan, dan instansi terkait lainnya. "Saat ini sedang dijaring calon-calonnya [calon penerima rumah gratis]," ujar Eddy.

Selain itu, dalam pembangunan rumah gratis, Apersi tidak memiliki target jumlah dan waktu pelaksanaannya karena bergantung pada para pengembang yang dengan suka rela memberikan beberapa unit rumahnya untuk masyarakat miskin berprestasi.

"Pengembangnya nanti siapa saja dan dimana saja. Kita tidak ada target, jadi kalau rumah sudah siap, calon penerima juga sudah ada tinggal diberikan. Semua dilakukan mengalir saja," jelasnya.

Selain Banten, beberapa pengembang di daerah lain yang sudah siap untuk membangun rumah gratis ini adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Utara. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apersi rumah gratis asosiasi pengembang perumahan dan permukiman seluruh indonesia
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top