Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2013: Tiket KA Semarang-Jakarta Nyaris Ludes

BISNIS, SEMARANG--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional IV Semarang menyatakan tiket arus mudik Lebaran 2013 dari Jakarta ke Semarang hingga saat ini sudah terjual 97%."Yang masih ada sekitar tanggal 8-9 Agustus 2013 atau hari H Lebaran. Kalau

BISNIS, SEMARANG--PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional IV Semarang menyatakan tiket arus mudik Lebaran 2013 dari Jakarta ke Semarang hingga saat ini sudah terjual 97%.

"Yang masih ada sekitar tanggal 8-9 Agustus 2013 atau hari H Lebaran. Kalau untuk arus balik Semarang-Jakarta masih cukup banyak," kata Kahumas KAI Daops IV Semarang Zakaria, Kamis (30/5/2013).

Hal itu diungkapkannya usai penandatanganan perjanjian kerja sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub yang berlangsung di bangunan cagar budaya Lawang Sewu Semarang, tulis Antara.

Zakaria menjelaskan masa angkutan Lebaran 1434 Hijriah sudah ditetapkan berlangsung selama 22 hari, yakni mulai 29 Juli hingga 19 Agustus 2013, dan tiket KA Lebaran sudah bisa dipesan mulai 1 Juni lalu.

Kalau secara nasional, kata dia, jumlah penumpang KA selama masa angkutan Lebaran 2013 diperkirakan sebanyak 1.779.270 orang. PT KAI memaksimalkan pelayanan penumpang dengan mengerahkan 305 unit KA.

"Sebanyak 305 unit KA itu terdiri atas KA reguler 265 unit, kemudian 40 KA tambahan Lebaran. Untuk KA tambahan Lebaran, terbagi lagi sebanyak 22 KA komersial dan 18 KA nonkomersial," katanya.

Di wilayah Daops IV Semarang, kata dia, jumlah penumpang selama 22 hari masa angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 196.870 orang, baik untuk KA kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.

"Tiket arus balik Semarang-Jakarta saat ini sudah terjual sekitar 72 persen dari sekitar 4.000 lembar tiket yang disediakan selama arus balik Lebaran. Yang habis hanya untuk tanggal 13 Agustus 2013," katanya.

Sementara untuk pemberangkatan pada hari-hari lainnya saat arus balik Lebaran Semarang-Jakarta, ia mengatakan rata-rata masih cukup, namun para calon penumpang harus segera membeli agar tidak kehabisan.

Sama dengan masa angkutan Lebaran tahun lalu, ia mengatakan PT KAI pada tahun ini juga berkoordinasi dengan Polri untuk membantu pengamanan, baik pengamanan di stasiun-stasiun maupun saat perjalananan KA.

"Di titik perlintasan juga akan ditingkatkan pengamanannya dengan penambahan personel petugas PT KAI, terutama di jalur perlintasan yang tidak dijaga. Pengamanan selama arus Lebaran kami tingkatkan," kata Zakaria.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper