Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENYEKAPAN PEKERJA: Wujud Pembiaran Pengawasan Oleh Pemerintah

BISNIS.COM, JAKARTA—Penyekapan 40 pekerja oleh pengusaha kuali di Kabupaten Tangerang merupakan wujud pembiaran pengawasan ketenagakerjaan pemerintah.
R Fitriana
R Fitriana - Bisnis.com 06 Mei 2013  |  08:09 WIB
PENYEKAPAN PEKERJA: Wujud Pembiaran Pengawasan Oleh Pemerintah


BISNIS.COM, JAKARTA—Penyekapan 40 pekerja oleh pengusaha kuali di Kabupaten Tangerang merupakan wujud pembiaran pengawasan ketenagakerjaan pemerintah.

Bahkan, menurut Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar petugas pengawasan ketenagakerjaan selama ini masih pasif dan bekerja sebatas laporan.

“Kondisi pengawas ketenagakerjaan yang seperti itu dimanfaatkan pengusaha untuk mengeksploitasi pekerja,” ujarnya, Senin (6/5).

Timboel memperkirakan fenomena eksploitasi pekerja seperti itu juga berpotensi terjadi di daerah lainnya, terutama untuk pekerjaan yang di outsourcing dengan mengandalkan pekerjaan di rumah.

Dia menilai sejak lama kalangan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) meminta petugas pengawas ketenagakerjaan bekerja proaktif, tetapi anggaran dan keterbatasan personil menjadi alasan, sehingga selalu bekerja pasif.

“Menakertrans selalu mengeluh tentang jumlah pengawas, tetapi tidak punya niat untuk menambah jumlahnya,” ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, penambahan petugas pengawas tidak perlu merekrut pegawai negeri sipil (PNS) yang baru, tetapi mengalihkan dari bagian lain, seperti mediator di tingkat provinsi dan pusat.

Menurutnya, alasannya adalah UU No. 2/2004 tentang Penyelesaian Hubungan Industrial menyatakan proses mediasi ada di tingkat kabupaten/kota, sehingga tidak perlu lagi di tingkat pemerintahan pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

outsourcing pekerja pemerintah ketenagakerjaan opsi pengawas sp sb petugas pembiaran proaktif
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top