Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDALAMAN PULAU BAAI: Pelindo II Targetkan Tuntas Akhir Tahun ini

BISNIS.COM, BENGKULU--PT Pelindo II  (IPC)  menargetkan proyek pendalaman alur di Pulau Baai, Bengkulu mencapai -14 MLWS tuntas pada akhir tahun ini.Direktur Komersial dan pengembangan usaha Pelindo II Saptono R. Irianto mengatakan pendalaman

BISNIS.COM, BENGKULU--PT Pelindo II  (IPC)  menargetkan proyek pendalaman alur di Pulau Baai, Bengkulu mencapai -14 MLWS tuntas pada akhir tahun ini.

Direktur Komersial dan pengembangan usaha Pelindo II Saptono R. Irianto mengatakan pendalaman alur itu diperlukan dalam rangka meningkatkan produktifitas dan kinerja perseroan. Adapun saat ini operator pelabuhan BUMN itu telah melakukan pengerukan hingga -12 MLWS.

Dengan melakukan pendalaman alur, lanjutnya, memungkinkan kapal-kapal berukuran besar untuk masuk ke pelabuhan. Sehingga bisa menumbuhkan pasar petikemas di pelabuhan Pulau Baai yang sempat terhenti sejak 2005 hingga 2011.

“Kami targetkan pendalaman hingga -18 MLWS, tetapi dilakukan bertahap. Tahun ini kami targetkan bisa melakukan pengerukan hingga -14 MLWS. Kami harap September atau Oktober 2013 sudah tuntas,” ujarnya Sabtu (4/3)  malam.

Dia menyebutkan dengan kedalaman alur -12 MLWS, ukuran kapal yang bisa masuk ke pelabuhan maksimal 30.000 DWT. Sementara itu, dengan penambahan kedalaman hingga -14 MLWS, kapal-kapal berukuran hingga 60.000 DWT juga bisa masuk ke pelabuhan tersebut.

Berdasarkan data perseroan, trafik kunjungan kapal ke Pelabuhan Pulau Baai menunjukkan peningkatan baik dari jumlah unit maupun gross tonnage (GT). Pada 2012 tercatat sebanyak 1.999 unit kapal dengan 3,96 juta GT bersandar di pelabuhan tersebut. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan realisasi pada tahun sebelumnya sebanyak 1.708 unit kapal dengan 2,22 GT.

Pada kesempatan yang sama, Menteri BUMN Dahlan Iskan juga mengapresiasi rencana pengembangan bisnis Pelindo II. Dia menilai pendalaman alur merupakan salah satu cara memperbaiki infrastruktur di wilayah tersebut.

“Saya melihat rencana Pelindo II sudah baik, saya tinggal mengawal saja. Dengan memperdalam alur, maka memberikan infrastruktur yang baik. Saya harap dengan dilakukannya pendalaman alur, pantai Barat Sumatra bisa kembali menjadi pembicaraan lagi, selain Teluk Bayur. Kapal-kapal yang dari bagian Timur bisa kembali lagi ditarik ke Barat,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper