PERINGATAN MAY DAY: Muhaimin Serukan Perayakan Hari Buruh Secara Positif

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemerintah menghimbau kepada kalangan pekerja/buruh agar merayakan Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) dengan kegiatan menggalang kebersamaan.
R Fitriana | 30 April 2013 14:51 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Pemerintah menghimbau kepada kalangan pekerja/buruh agar merayakan Hari Buruh Internasional 1 Mei (May Day) dengan kegiatan menggalang kebersamaan.

Menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, pekerja/buruh dapat lebih mengefektifkan sikap saling pengertian dan semangat kemitraan dengan pengusaha.

“Kepada pimpinan serikat pekerja/serikat buruh dan konfederasi serikat itu, serta kalangan pengusaha silahkan merayakan May Day dengan kegiatan yang positif,” ujarnya usai pertemuan Forum Silaturahmi Sinergitas Penanganan Permasalahan Hubungan Industrial, Selasa (30/4/2013).

Dia menjelaskan May Day dapat diimplementasikan dengan menumbuhkan motivasi dan tekad membangun kekuatan pekerja/buruh untuk meningkatkan harkat dan martabat, serta kesejahteraan mereka bersama keluarganya. 

Sementara itu, mengenai permasalahan hubungan industrial, Muhaimin mengakui proses interaksi pelaku proses produksi yang terdiri dari pengusaha, pekerja dan pemerintah tidak selamanya berjalan sesuai dengan harapan.

Menurutnya, proses interaksi dapat terganggu dalam implementasinya karena berbagai faktor internal dan eksternal yang memengaruhi sistem hubungan industrial yang berlaku.

“Pemerintah menegaskan kembali diperlukan adanya pemasyarakatan hubungan industrial Pancasila yang mengedepankan sikap Tridarma pekerja pengusaha dan pemerintah,” tutur Muhaimin.

Tag : buruh, pekerja, pemerintah, industrial, may day
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top