Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAIKAN TDL: PLN ajukan 3 skenario

TANGERANG--Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mengajukan tiga skenario penaikan tarif dasar listrik kepada Kementerian ESDM dengan persentase penaikan TDL bisa melampaui 15%.Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjabarkan tiga skenario yang diajukan kepada

TANGERANG--Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mengajukan tiga skenario penaikan tarif dasar listrik kepada Kementerian ESDM dengan persentase penaikan TDL bisa melampaui 15%.Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjabarkan tiga skenario yang diajukan kepada pemerintah mencakup penaikan sekaligus pada 1 Januari 2013, penaikan bertahap per 3 bulan, dan penaikan per bulan selama satu tahun penuh."Hari-hari ini kita rapat terus dengan Dirjen Listrik. Kita bahas, mulai dari skenario sekali naik pada 1 Januari, setiap 3 bulan, sama setiap bulan," ujarnya usai menghadiri acara Indonesia Hebat: Bursa Wirausaha Muda Kreatif, Minggu (28/10).Menurutnya, pagu subsidi listrik dalam APBN 2013 sebesar Rp80,9 triliun menjadi patokan PLN dalam menghitung tiga skenario penaikan TDL pada tahun depan. Dia menegaskan APBN 2013 mengamanatkan besaran kenaikan TDL pada kisaran 15%, bukan dipatok sebesar 15%."Kata-katanya kan 'sekitar 15%' di Nota Keuangan, jadi bukan persis. Kuncinya adalah subsidinya yang tidak boleh terlampaui," katanya.Nur Pamudji mengilustrasikan skenario penaikan TDL per 3 bulan mengharuskan terjadinya 4 kali penaikan TDL, yakni pada 1 Januari, 1 April, 1 Juli, dan 1 Oktober. Besaran persentasenya, secara kasar, dihitung dari 15% dibagi 4."Misalnya, dipilih per 3 bulan, kita putuskan di Desember ini naiknya berapa persen pada 1 Januari, 1 April berapa persen, 1 Juli berapa persen, 1 Oktober berapa persen. Jadi sudah dihitung dulu, sudah dipastikan dulu, dan sudah diumumkan, nanti tinggal dijalankan," jelasnya.Sementara itu, akan terjadi kenaikan TDL sebesar 1,8% per bulan apabila pemerintah memilih skenario penaikan setiap bulan."Kan beda, naik 3 kali dengan naik 1 kali, dan naik 12 kali. Ini kan beda," imbuh Nur Pamudji.Skenario-skenario tersebut, tambahnya, sudah diserahkan kepada pemerintah untuk kemudian dikonfirmasi dan dipastikan perhitungannya sebelum diterapkan pada 2013.Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik sebelumnya menuturkan mekanisme penaikan TDL pada 2013 masih dihitung oleh Kementerian ESDM dan PLN. Artinya, pemerintah tinggal punya waktu 2 bulan untuk merampungkan mekanisme tersebut."Lagi dihitung yang mana yang paling enak bagi masyarakat. Belum, lagi dihitung, kan masih 2 bulan," ujar Wacik di Kemenko Perekonomian, Kamis (25/10).Menurutnya, pemerintah tengah menghitung sektor atau pelanggan yang tidak boleh naik dan bisa naik di atas 15%. Namun, Jero memastikan kenaikan TDL pada 2013 rata-rata sebesar 15%.(msb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Diena Lestari
Sumber : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper