Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAMUS BISNIS: Rating Lembaga Pemeringkat Internasional

 Hasil rating Fitch, Moody's, S&P

 

Hasil rating Fitch, Moody's, S&P

Peringkat negara-negara Asia
NegaraFitch Moody's S&P
Singapura AAA/stabilAaa/stabilAAA/stabil
Jepang AA/stabilAa2/under reviewAA-/negatif
China A+/stabilAa3/positifAA-/stabil
TaiwanA+/stabilAa3/stabilAA-/stabil
KorselA+/stabilA1/stabilA/stabil
Malaysia  A-/stabil A3/stabilA-/stabil
ThailandBBB/stabilBaa1/stabilBBB+/stabil
IndiaBBB-/stabilBaa3/stabilBBB+/stabil
Indonesia BBB-/stabilBaa3/stabilBB+/positif
Filipina BB+/stabilBa2/stabilBB/stabil
Sri LankaBB-/stabilB1/positif B+/positif
Mongolia B+/stabilB1/stabilBB-/stabil
VietnamB+/stabilB1/negatifBB-/negatif
Kamboja— B2/stabiB+/stabil
Papua NuiginiB1/stabil B+/stabil
Sumber: Kompilasi data per 25 Januari 2012
    
Perkembangan peringkat Indonesia
TahunS&PFitch Moody's
2005 B+ BB-B2
2006 BB- BB-B1
2007 BB- BB-Ba3
2008  BB-BBBa3
2009 BB- BBBa3
2010BBBB+Ba2
2011 BB+BBB-Ba1
2012BB+BBB-Baa3
Sumber: Kompilasi data

JAKARTA: Kasak-kusuk tentang pemeringkatan mengemuka setelah Indonesia mengantongi peringkat layak investasi (investment grade) dari dua lembaga pemeringkat internasional.

Lembaga pemeringkat itu didirikan untuk menilai kelayakan utang dari penerbit obligasi, baik perusahaan ataupun pemerintah. Lembaga pemeringkat juga memiliki kelas tersendiri karena secara global, ada yang diakui sebagai lembaga pemeringkat internasional terbesar. 
 
Jika sebuah perusahaan atau negara telah mendapatkan dua peringkat dari ketiga perusahaan itu, maka peringkat perusahaan atau negara itu baru diakui oleh investor. 
 
Hal yang sama terjadi jika negara itu sudah mendapatkan peringkat kategori layak investasi seperti Indonesia saat ini, karena investor global memiliki batas maksimal portofolio investasi bagi aset berperingkat di bawah layak investasi.
 
Namun, kritik membayangi perusahaan pemeringkat internasional karena krisis global pada 2008 yang disebabkan gagal bayarnya efek derivatif berbasis KPR yang mereka beri peringkat layak investasi. 
 
Kritik kedua disebabkan tiga perusahaan pemeringkat itu berbasis di AS, yang membuat perusahaan itu disanksikan objektivitasnya.  
 
Siapa saja ketiga lembaga pemeringkat internasional itu? Mereka adalah Standard & Poor's (S&P), Moody's Investors Service, dan Fitch Ratings. 
 
Hingga  23 Januari 2012, peringkat Indonesia sudah dinaikkan hingga BBB- oleh Fitch Ratings dan Baa3 oleh Moody's, dua-duanya sudah masuk ke kategori layak investasi berdasarkan ketegori masing-masing lembaga pemeringkat itu.
 
Hanya Standard & Poor's yang belum menaikkan peringkat Indonesia ke level layak investasi, Apa background dan karakteristik masing-masing pemeringkat itu? Berikut penelusurannya:
 
 
S&P
Standard & Poor's, merupakan lembaga pemeringkat tertua karena lahir lebih pertama dibandingkan yang lain. 
 
Perusahaan didirikan dengan nama H.V. and H.W. Poor Co pada 1860 oleh Henry Varnum Poor dan anaknya yang bernama Henry Williams. 
 
Henry dikenal sebagai penulis sejarah keuangan perusahaan kereta api dan kanal di Amerika Serikat sebagai acuan bagi investor yang berjudul History of Railroads and Canals in the United States. 
 
Buku itu bertujuan menghimpun informasi komprehensif tentang perusahaan-perusahaan target tersebut. Riset ekonomi terkini diterbitkan secara tahunan melalui ediri revisian buku itu.
 
Nama 'Standard' mulai dikenal pada 1906, ketika Standard Statistics Bureau didirikan Luther Lee Blake untuk memeriksa keuangan dari perusahaan nonkereta api. 
 
Perusahaan itu tidak menerbitkan risetnya melalui buku, tetapi lewat kartu informasi berukuran 5 inchi x 7inchi, yang membuat informasi yang disampaikan lebih terkinikan (ter-update) lebih sering.
 
Poor dan Standard Statistics menggabungkan usahanya pada 1941 dan mengubah namanya menjadi Standard & Poor's Corp. Pada 1966, perusahaan diakuisisi perusahaan penerbit yang bernama The McGraw-Hill Companies, dan menjadi acuan di divisi jasa keuangan grup tersebut.
 
 
Moody's
Moody's didirikan sejak 1909 oleh John Moody, yang mempublikasikan analisis tentang ruwet dan ketidakpastian keuangan industri perkretaapian. 
 
Mereka juga memberikan nilai dari saham dan obligasi yang diterbitkan perusahaan di industri tersebut. Moody's juga memulai pemeringkatan obligasi perusahaan. Saat ini, Moody's Corporation tercatat sebagai induk usaha Moody's Investors Service.
 
Pada 1975, kedua perusahaan dan Fitch dimasukkan ke dalam kategori Organisasi Statistik dan Pemeringkat Nasional (Nationally Recognized Statistical Rating Organization/NRSRO) oleh Komisi Efek dan Bursa AS (The US Securities and Exchange Commission/SEC). 
 
Saat ini, Moody's dan S&P dianggap dua raksasa dunia dengan pendapatan operasional US$688 juta untuk Moody's dan S&P US$762 juta pada 2010. Masing-masing memiliki porsi 40% di tingkat pemeringkatan perusahaan dan negara.
 
Fitch
Didirikan dengan nama yang mirip pendirinya, John Knowles Fitch, dengan nama Fitch Publishing Company pada 24 Desember 1913 di New York. Perusahaan itu memiliki skala yang lebih kecil dibandingkan dengan dua perusahaan raksasa pemeringkat lain.
 
Saham mayoritas Fitch Group sekarang dimiliki oleh Financière Marc de Lacharrière (Fimalac) dari Prancis. Fitch Ratings dan Fitch Solutions merupakan bagian dari Fitch Group.
 
Sebelum bergabung dengan Fitch, Fimalac lebih dulu mengakuisisi IBCA Limited yang berkantor pusat di London pada 1993 dan melebarkan sayapnya ke Eropa, terutama sebagai pemeringkat keuangan bank.
 
Pada Desember 1997, Fimalac mengambil alih Fitch Group, padahal transaksi itu digagas oleh minat Fitch mengambil IBCA Ltd dari Fimalac.
 
Pada April 2000, Fitch Group melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi Duff & Phelps Credit Rating Co, pemeringkat nomor empat AS, yang berpusat di Chicago. 
 
Pada Desember tahun yang sama, mereka juga mengambil alih Thomson Financial BankWatch dari Thomson Financial Services, yang merupakan lembaga pemeringkat pemegang pangsa pasar AS nomor 5 terbesar. 
 
Keempat perusahaan, yaitu IBCA, Fitch Group, Duff & Phelps Credit Rating, dan Thomson Financial BankWatch, merupakan pendukung dari Fitch Ratings. (sut)
 
Sumber: Wikipedia, standardandpoors.com, moodys.com, fitchratings.com, fimalac.com, bbc.co.uk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper