Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaringan telekomunikasi Garuda pulih kembali

JAKARTA: PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk menyatakan pada pukul 11.30 jaringan telepon Garuda Indonesia sudah pulih kembali sebagaimana biasanya setelah operator itu melakukan cek silang atas jaringan yang terkait.Sejauh ini pelanggan kami

JAKARTA: PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk menyatakan pada pukul 11.30 jaringan telepon Garuda Indonesia sudah pulih kembali sebagaimana biasanya setelah operator itu melakukan cek silang atas jaringan yang terkait."Sejauh ini pelanggan kami lainnya tidak ada yang terganggu. Oleh karena itu kami terus melakukan pengecekan  bersama-sama dengan Tim Garuda untuk memastikan letak permasalahan yang sebenarnya ada di mana", ujar Eddy Kurnia, Head of Corporate Communication & Affair Telkom kepada Bisnis sore ini.Garuda Indonesia mengalami gangguan sistem tiket elektronik yang berakibat 14 jadwal penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta pada Senin pagi terlambat atau delay rata-rata satu jam. Pihak manajemen Garuda mensinyalir gangguan tersebut terletak pada jaringan milik Telkom.Senior Manager Public Relations Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menyatakan gangguan terjadi pada sistem tiket elektronik maskapai Garuda Indonesia pada counter check-in di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Akibat gangguan ini, sedikitnya 14 jadwal penerbangan Garuda, baik ke dalam maupun luar negeri, mengalami penundaan.Namun, gangguan sudah berakhir dan sistem kembali normal pada Senin (10/10) pukul 11.00 WIB. “Rata-rata keterlambatan sekitar satu jam, karena kami berlakukan sistem chek-in manual, akibatnya penumpang mengalami antrean di counter check-in. Namun, kami terus upayakan perbaikan,” kata Ikhsan.Dia menambahkan penerbangan yang mengalami penundaan yaitu GA 654 tujuan Jayapura yang seharusnya terbang pukul 05.00 WIB, baru diberangkatkan pukul 06.10 WIB. GA 600 tujuan Makassar berangkat pukul 05.40 WIB menjadi pukul 06.55. GA 180 tujuan Medan berangkat pukul 05.45 WIB menjadi pukul 06.50 WIB, GA 510 tujuan Balikpapan berangkat pukul 05.45 WIB menjadi berangkat pukul 07.15 WIB.Selanjutnya, jadwal yang mengalami penundaan yakni GA 220 tujuan Solo, GA 230 tujuan Yogyakarta, GA 150 tujuan Palembang, GA 302 tujuan Surabaya, GA 530 tujuan Banjarmasin, GA 202 tujuan Solo, GA 400 tujuan Denpasar, dan GA 822 tujuan Singapura. GA 160 dan GA 604 juga mengalami keterlambatan.Ikhsan menyebutkan terjadi gangguan teknis pada jaringan komunikasi Telkom yang digunakan Garuda. “Koneksi dari coreswitch ke arah Terminal 2 cengkareng putus di salah satu IP Backhaul-nya Metro-E Telkom. Garuda sudah memberitahukan pihak Telkom, dan katanya masih melakukan perbaikan," kata dia.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper