Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Noel Ebenezer, Eks Relawan Jokowi Bakal Jadi Wamenaker di Kabinet Prabowo

Ketua Umum Kelompok Relawan Prabowo Immanuel Ebenezer mendapat tugas sebagai Wamenaker di Kabinet Prabowo-Gibran.
Ketua Umum Kelompok Relawan Prabowo Immanuel Ebenezer atau kerap disapa Noel Ebenezer - Dok. Instagram.
Ketua Umum Kelompok Relawan Prabowo Immanuel Ebenezer atau kerap disapa Noel Ebenezer - Dok. Instagram.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto kembali memanggil sejumlah tokoh kandidat menteri dan wakil menteri ke Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024). Salah satunya adalah Immanuel Ebenezer atau kerap disapa Noel Ebenezer.

Usai menemui Prabowo, Ketua Umum Kelompok Relawan Prabowo itu mengungkap bahwa dirinya mendapat tugas sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) di Kabinet Prabowo-Gibran.

“Yang jelas, ada penugasan-penugasan khusus terkait ketenagakerjaan. Berarti lu sudah tahu, tuh clue-nya, kan," ujar Noel di kediaman Prabowo, Selasa (15/10/2024).

Lantas siapa itu Noel Ebenezer? Noel merupakan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). 

Jauh sebelum menjadi Ketua Umum Kelompok Relawan Prabowo, Noel diketahui menjadi tim pendukung Jokowi dan Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Kala itu, dia menjabat sebagai Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman), organisasi yang dia bentuk untuk mendukung Jokowi. 

Pada Juni 2021, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melantik Noel sebagai komisaris utama PT Mega Eltra, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Baru setahun lebih menjabat, Erick Thohir kemudian mencopot Noel dari posisinya pada Maret 2022. 

Ada dugaan pencopotan jabatannya berkaitan dengan dirinya yang menjadi saksi dalam persidangan eks Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman.

Dalam sidang tersebut, Noel menyebut bahwa Munarman bukan teroris. Pernyataannya pun sontak mendapat tanggapan dari berbagai pihak yang menganggapnya kontroversial.

Pada Pilpres 2024, pria kelahiran 22 Juli 1975 itu diketahui menyatakan dukungannya kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024 dengan mendirikan kelompok relawan Ganjar Pranowo Mania.

Tak berselang lama, Noel kemudian membubarkan Ganjar Pranowo Mania dan berganti haluan. Tepatnya pada Februari 2023, dia menyatakan dukungannya terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper