Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riset Celios: Kekayaan Jokowi Cs Tumbuh Lebih Cepat dari Upah Buruh

Celios mengungkapkan kekayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat pemerintahannya tumbuh lebih cepat daripada kenaikan rata-rata upah buruh nasional
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan piala kepada pemenang MotoGP Mandalika pada Minggu (29/9/2024)/Tangkapan layar Youtube MotoGP
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan piala kepada pemenang MotoGP Mandalika pada Minggu (29/9/2024)/Tangkapan layar Youtube MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA – Center of Economic and Law Studies (Celios) menghitung kekayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat pemerintahannya tumbuh lebih cepat daripada kenaikan rata-rata upah buruh nasional dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam studi terbarunya berjudul Laporan Ketimpangan Ekonomi Indonesia 2024: Pesawat Jet untuk Si Kaya, Sepeda untuk Si Miskin, Celios mengumpulkan data-data indikator ekonomi hingga kekayaan para menteri di kabinet pemerintah Jokowi.

Hasilnya, Celios menunjukkan bahwa rata-rata upah di Indonesia secara nasional hanya mengalami peningkatan sebesar 2,4% dari 2019 dengan 2023.

“Sementara itu, rerata pertumbuhan kekayaan Presiden Joko Widodo mencapai 15,05% selama lima tahun terakhir,” tulis laporan Celios, dikutip Senin (30/9/2024).

Tak hanya Jokowi, rombongan pejabat publik sedikitnya telah mengalami peningkatan kekayaan tahunan sebesar 8,61% pada 2019 sampai dengan 2023. Pejabat publik yang dimaksud yaitu para menteri, panglima TNI, dan kepala kepolisian di bawah kepresidenan Jokowi.

Rata-rata kekayaan mereka mencapai Rp278,17 miliar selama 2019—2023. Akumulasi kekayaan tersebut meningkat sebesar 154,71% dari Rp9,65 triliun menjadi Rp24,56 triliun.

“Temuan ini semakin menegaskan bahwa pejabat publik telah menikmati kesejahteraan lebih cepat daripada masyarakat kebanyakan,” ujar laporan tersebut.

Lebih lanjut, Celios mengakui bahwa sudah ada upaya untuk meningkatkan upah minimum. Kendati demikian, kenaikan tersebut sering kali tidak sebanding dengan inflasi dan kenaikan biaya hidup.

Celios menekankan bahwa sistem pengupahan di Indonesia menunjukkan kelemahan signifikan, terutama karena dominasi pemerintah dalam penetapan upah melalui regulasi seperti Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

“Meskipun bertujuan melindungi pekerja, upah minimum sering kali tidak mencerminkan kebutuhan riil dan biaya hidup yang sebenarnya, dengan penetapan yang kurang fleksibel terhadap inflasi dan perubahan ekonomi,” tulis laporan.

Rekomendasi Kebijakan

Celios pun merekomendasikan setidaknya lima kebijakan praktis agar ketimpangan antara ‘si kaya’ dan ‘si miskin’ tidak semakin parah. Pertama, pembatasan penghindaran dan pengampunan pajak pada individu atau perusahaan super kaya (tax amnesty dan family office).

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper