Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Armada Pesawat Maskapai Baru BBN Airlines & Spesifikasinya

Maskapai BBN Airlines Indonesia resmi melakukan penerbangan perdana pada Jumat, (27/9/2024). Berikut daftar armada pesawat BBN Airlines:
Armada pesawat maskapai BBN Airlines Indonesia/BBN Airlines Indonesia
Armada pesawat maskapai BBN Airlines Indonesia/BBN Airlines Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai BBN Airlines Indonesia memiliki sejumlah armada pesawat yang menghadirkan beragam layanan. Sebelumnya, maskapai itu resmi melakukan penerbangan perdana pada Jumat, 27 September 2024 dengan rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

Melansir laman resmi BBN Airlines Indonesia, perseroan telah menyiapkan tiga armada Boeing 737-800 untuk mengakomodasi permintaan penumpang carter, serta tiga pesawat kargo dengan campuran armada Boeing 737-800 dan Boeing 737-400 untuk penerbangan domestik dan internasional.

Adapun, BBN Airlines Indonesia menyediakan beragam layanan, di antaranya kargo dan penumpang charter, ACMI (aircraft, crew, maintenance, and insurance), dan penerbangan reguler dengan rute domestik dan internasional.

Menilik spesifikasi singkatnya, untuk pesawat kargo (freighter) BBN Airlines menggunakan model Boeing B737-800BCF dengan batas muatan sebesar 23.950 kg.

Pesawat itu memiliki konfigurasi 12 palet dengan volume kargo dek utama sebesar 141,5 m3, sedangkan volume kargo massal dek bawah 43,7 m3.

Sementara itu, untuk pesawat penumpang (pax) juga menggunakan tipe Boeing 737-800 dengan jumlah penumpang 189 kursi.

Adapun, untuk mesin pesawat menggunakan tipe CFM56-7B26 yang diproduksi oleh pabrikan CFM Internasional.

Sebagai informasi, pada akhir 2023 lalu, BBN Airlines Indonesia telah menerima pendanaan sebesar US$6,2 juta atau setara Rp96,1 miliar (asumsi kurs Rp15.500 per dolar AS) dari perusahaan induknya, Avia Solutions Group.

Manajemen BBN Airlines dalam laman resminya menyebut bahwa investasi ini semakin menegaskan kepercayaan Avia Solutions Group terhadap keberhasilan dan potensi pertumbuhan maskapai yang telah aktif beroperasi di Tanah Air sejak 2022 lalu, menambah nilai perusahaan menjadi US$14 juta atau setara dengan Rp217 miliar.

Ke depannya, BBN Airlines berencana untuk terus menambah armada hingga 40 pesawat sampai akhir 2027 untuk memenuhi kebutuhan penerbangan di Indonesia.

Adapun, setelah mengumumkan penerbangan perdana ke Surabaya pada 27 September 2024, BBN Airlines akan melakukan penerbangan perdana ke Balikpapan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper