Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil & Pemilik Maskapai Baru BBN Airlines Indonesia

Profil dan pemiliki maskapai baru BBN Airlines Indonesia yang baru saja resmi melakukan penerbangan berjadwal perdananya.
Kantor BBN Airlines Indonesia di Jakarta/Dok. Avia Solutions Group
Kantor BBN Airlines Indonesia di Jakarta/Dok. Avia Solutions Group

Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai baru BBN Airlines Indonesia resmi melakukan penerbangan berjadwal perdana pada Jumat, (27/9/2024) dengan rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.

Dalam penerbangan perdananya tersebut, pesawat BBN Airlines Indonesia terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Juanda Surabaya dan sebaliknya.

Melalui unggahan akun resmi Instagramnya, BBN Airlines memberi sinyal akan membuka rute penerbangan ke Balikpapan.

"Kencangkan sabuk pengaman Anda, kami akan menuju Balikpapan," tulis BBN Airlines dalam bahasa Inggris, dikutip Minggu (29/9/2024).

Profil dan Pemilik BBN Airlines Indonesia

BBN Airlines Indonesia semula hadir di Indonesia dengan nama BlueBird Nordic (BBN) Indonesia.

Sekilas namanya mirip dengan perusahaan taksi di Indonesia, Bluebird. Namun demikian, BBN Airlines bukan anak usaha atau afiliasi dari perusahaan taksi ternama tersebut.

BBN Airlines merupakan entitas anak dari Avia Solutions Group atau ASG yang bergerak di jasa aircraft, crew, maintenance, and insurance (ACMI), penyewaan pesawat atau charter, dan penerbangan kargo. Maskapai ini juga menawarkan layanan reguler terjadwal.

Adapun, Avia Solutions Group merupakan perusahaan berbasis di Irlandia yang didirikan oleh Gediminas Ziemelis. Pengusaha asal Lithuania ini menguasai 59,27% saham Avia Solutions Group dan merupakan ultimate beneficial owner.

Kesiapan operasional BBN Airlines Indonesia masuk pada tiga sektor tersebut di Indonesia ditandai dengan terbitnya Sertifikat Operator Pesawat Udara atau Air Operation Certificate (AOC) untuk perusahaan pada 31 Agustus 2023. Sertifikat penerbangan komersial diterbitkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lalu, pada Maret 2024, BBN Airlines Indonesia mendapatkan penambahan Sertifikat Operasi Udara penerbangan komersial penumpang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia. Penambahan sertifikat ini menegaskan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan pesawat udara dengan tujuan komersial. Perusahaan mengeklaim dengan mengantongi izin, maskapai akan menawarkan layanan penerbangan aman, andal, dan efisien.

Tak hanya penerbangan domestik, BBN Airlines Indonesia juga berencana untuk melayani rute internasional yang mencakup area Asia dan wilayah Oceania.

Terbaru, BBN Airlines Indonesia telah mengantongi izin operator asing (FOP) dari Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) pada September 2024. Izin kedua yang diperoleh tahun ini tersebut memungkinkan maskapai untuk meningkatkan kapasitas jaringan interkonektivitas dan pertumbuhannya di pasar Asia.

Hingga saat ini, BBN Airlines Indonesia telah menyiapkan tiga armada Boeing 737-800 untuk melayani permintaan charter passenger penumpang, dan tiga pesawat kargo dengan armada Boeing 737-800. Sementara armada Boeing 737-400 untuk melayani penerbangan domestik maupun internasional.

Dengan armada yang telah tersedia dan permintaan yang tinggi, BBN Airlines Indonesia menarget untuk mengoperasikan 40 armada pesawat pada 2027.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper