Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jet Longitude Mendarat di Bandara IKN, Menhub Budi Karya: Selamat dan Sempurna

Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah siap untuk melakukan aktivitas penerbangan.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau arus balik Idulfitri 1145 H di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024)/Bisnis-Dany Saputra.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau arus balik Idulfitri 1145 H di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024)/Bisnis-Dany Saputra.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Bandara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah siap untuk melakukan aktivitas penerbangan.

Dikutip melalui akun instagram @budikaryas, Budi mengatakan bahwa pihaknya melakukan percobaan pendaratan (test landing) secara perdana untuk Pesawat Jet mendarat di Bandara IKN.

“Alhamdulillah, setelah melewati berbagai proses kalibrasi dan serangkaian uji coba keselamatan penerbangan, pesawat Jet Longitude milik Balai Kalibrasi berhasil mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat dan sempurna,” ujarnya dalam unggahannya, Kamis (13/9/2024).

Dia menjelaskan bahwa jet Longitude itu terbang dengan kecepatan Ground speed 480 NM/jam atau 880 km/jam yang sudah setara dengan kecepatan pesawat narrow body seperti Boeing 737 atau Airbus 320.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim bahwa Bandar Udara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur sudah siap menyambut dan melayani kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, tahap verifikasi dan kalibrasi telah selesai dilakukan sehingga keamanan dan keselamatan penerbangan sudah dapat dipastikan.

“Verifikasi sudah dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi sudah dilakukan pada 10 September 2024. Dengan begitu, Bandara IKN sudah dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden pekan ini,” ujarnya lewat rilisnya, Kamis (12/9/2024).

Sekadar informasi, bandara IKN merupakan bandara yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan konektivitas di IKN. Bandara dengan runway sepanjang 2.200 x 30 meter ini, progress pembangunan terminal VVIP-nya telah mencapai lebih dari 90 persen dan terminal VIP hampir mencapai 80 persen.

Jalan utama bandara yang nantinya akan menunjang akses dari dan menuju bandara hampir siap 100 persen. Sementara itu, pembangunan fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional, serta Gedung PKP-PK terus dikebut.

Pembangunan Bandara IKN menyesuaikan konsep besar IKN yaitu berorientasi pada alam dan ramah lingkungan. Konsep desain bandara memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dengan unsur modern.

Dihubungi secara terpisah, Deputi Protokol, Pers, Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menegaskan bahwa hari ini, Kamis (12/9/2024) juga dilakukan percobaan pendaratan (test landing) secara perdana untuk Pesawat Jet mendarat di Bandara IKN.

“Pesawat tersebut ditumpangi oleh Menhub Itu juga Bagian dari test landing sebelum Pesawat Kepresidenan nantinya akan mendarat di Bandara IKN,” pungkas Yusuf.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper