Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Bahas Peluang Buka Rute Penerbangan UEA - Labuan Bajo

Menhub Budi Karya melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Investasi UEA Mohammad Alhawi dan membahas peluang membuka rute penerbangan UEA-Labuan Bajo
Situasi Bandara Komodo pada KTT ke-42 Asean 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023). JIBI/Bisnis-Erta Darwati
Situasi Bandara Komodo pada KTT ke-42 Asean 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (9/5/2023). JIBI/Bisnis-Erta Darwati

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Investasi Uni Emirat Arab (UEA) Mohammad Alhawi, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Menhub membahas peluang UEA untuk membuka rute penerbangan ke Bandar Udara Internasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menhub mengatakan, berbagai infrastruktur telah dibangun dan dikembangkan di Labuan Bajo, termasuk pula Bandara Komodo yang saat ini menjadi gerbang transportasi udara di Pulau Flores, NTT. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung potensi wisata di daerah yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata 'Bali Baru' tersebut.

“Saya harap Pemerintah UEA dapat mengembangkan konektivitas ke Bandara Komodo. Dengan begitu, Labuan Bajo akan semakin dikenal dan semakin banyak dikunjungi wisatawan mancanegara,” ujar Menhub dalam keterangan resmi.

Sebagai informasi, selama ini kerja sama sektor transportasi antara Indonesia dengan UEA terjalin baik. Etihad Airways telah mengoperasikan penerbangan dari Abu Dhabi ke Jakarta dan Denpasar.

Kemudian, Indonesia telah menyetujui sebelas poin untuk penerapan codeshare domestik seperti yang diminta UEA. Dengan begitu, konektivitas dari UEA ke Indonesia semakin terbuka.

“Saya senang dapat bertemu untuk membahas pengembangan kerja sama sektor transportasi antara Indonesia dan UEA. Saya juga ingin menjajaki pengembangan lebih lanjut kerja sama kita di luar sektor penerbangan. Saya ingin mengundang UEA berpartisipasi dalam investasi infrastruktur transportasi,” ucap Menhub.

Penerbangan Langsung Kuala Lumpur - Labuan Bajo

AirAsia Indonesia meresmikan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (3/9/2024). Rute ini menandai penerbangan internasional berjadwal pertama AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ke Labuan Bajo, Indonesia.

Penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 336 dari Kuala Lumpur International Airport (KUL), mendarat di Bandara Internasional Komodo, Labuan Bajo (LBJ) pada pukul 14.25 WITA dengan mengangkut 169 penumpang. 

Seperti diketahui, Bandara Labuan Bajo resmi ditetapkan sebagai bandara internasional sejak April 2024. Bandara ini masih dikelola melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

AirAsia Indonesia rute Kuala Lumpur-Labuan Bajo akan terbang dengan frekuensi sebanyak 3x dalam seminggu yaitu pada Selasa, Kamis dan Sabtu dengan tarif sekitar Rp1,1 juta menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Melalui pembukaan rute internasiona baru ke Malaysia, Air Asia Indonesia berusaha memaksimalkan peluang dari banyaknya wisatawan dari Negeri Jiran itu. Pada Februari 2024 kemarin, Air Asia juga membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Kota Kinabalu, Malaysia. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper