Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Bakal Punya 500 Kilometer Jalan Tol Baru hingga Akhir 2024

Kementerian PUPR mengatakan Indonesia bakal memiliki 500 kilometer (km) jalan tol baru hingga akhir tahun ini.
Suasana proyek Jalan Tol Cibitung - Cilincing (JTCC) Seksi 4 di Jakarta, Rabu (22/2/2023). Bisnis/Suselo Jati
Suasana proyek Jalan Tol Cibitung - Cilincing (JTCC) Seksi 4 di Jakarta, Rabu (22/2/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan Indonesia bakal memiliki 500 kilometer (km) jalan tol baru hingga akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja. Di mana, hingga akhir tahun total jalan tol baru yang diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditargetkan akan tembus sepanjang 2.700 kilometer.

“Total tambahan jalan tol baru itu 2.700 km, nanti kalau kita hitung sampai 2024 akhir,” kata Endra dalam Webinar Mengawal 10 Tahun Pembangunan Infrastruktur, Senin (2/9/2024). 

Endra membocorkan, 500 km tol baru yang akan diresmikan dalam waktu dekat itu di antaranya berada di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Solo, Yogyakarta, hingga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dia menjelaskan, dalam 10 tahun belakangan konektivitas RI berkembang pesat. Di mana, panjang jalan tol meningkat hingga 3 kali lipat. 

Pasalnya, pada 2014 saat Presiden Jokowi pertama kali menjabat sebagai Presiden RI, total panjang jalan tol RI hanya sekitar 780 kilometer, sedangkan saat ini panjang tol RI tercatat mencapai 2.839 km tol yang telah beroperasi. 

“Saya kira ini 3 kali lipat dari keberadaan jalan tol nasional yang sudah ada hingga tahun 2014,” imbuhnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mengungkap sederet capaiannya membangun sarana infrastruktur selama 10 tahun menjabat sebagai Presiden RI. Salah satunya, telah membangun jalan tol baru sepanjang 2.700 kilometer (Km).

Dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2024, Jokowi menyebut komitmen pembangunan infrastruktur nasional dilakukan guna memperkokoh fondasi dan melahirkan peradaban baru RI.

“Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesia sentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat (16/8/2024).  

Selain membangun 2.700 km tol baru, Jokowi merinci selama kepemimpinannya RI telah membangun 366.000 km jalan desa. Kemudian, 1,9 juta meter jembatan desa, dan 6.000 km jalan nasional.

Selanjutnya, adapula 50 pelabuhan dan bandara baru, 43 bendungan, dan 1,1 juta hektare jaringan irigasi baru. Komitmen menggarap sektor infrastruktur itu disebut berhasil menekan angka biaya logistik dari sebelumnya mencapai 24% menjadi 14% di tahun 2023.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper