Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Mau Bangun Proyek Tol di Bali Utara, Ini Bocorannya

Pemerintah diketahui tengah mempertimbangkan bangun proyek jalan tol di Bali Utara.
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut bahwa pemerintah tengah menggagas pembangunan jalan tol di Bali Utara.

“Untuk yang ke utara ini juga sedang digagas,” kata Sandi saat ditemui di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (19/8/2024).

Sandi mengharapkan, rencana pembangunan jalan tol di Bali Utara dapat masuk dalam proyek prioritas dan diharapkan rampung pada akhir 2029. Dengan begitu, kegiatan pariwisata tidak hanya berpusat di Bali Selatan, tetapi juga di Bali Utara.

“Kita harapnya bisa selesai di akhir 2029,” ujarnya.

Sementara itu, pemerintah hingga saat ini masih menjalani proses lelang ulang Tol Gilimanuk-Mengwi untuk mencari investor sekaligus berfungsi sebagai operator. 

Proses lelang ulang dilakukan lantaran terdapat sejumlah indikator yang belum tuntas, di antaranya terkait dengan kesiapan investor membiayai proyek tol yang rencananya memiliki panjang 96,84 kilometer itu.

Menurut Sandi, perlu adanya struktur pendanaan yang lebih inovatif untuk mengatasi permasalahan dana tersebut. “Saya yakin kalau investornya tepat, [Tol] Mengwi-Gilimanuk bisa dibangun, demikian juga [Tol] yang ke utara,” katanya.

Untuk diketahui, peletakan batu pertama atau groundbreaking Tol Gilimanuk-Mengwi telah dilakukan pada 10 September 2022. Kendati begitu, hingga saat ini proyek tersebut dilelang ulang lantaran pemrakarsa awal gagal mendapat pendanaan untuk melaksanakan pembangunan.

Rencannya, jalan tol akan dibangun  melintasi 3 kabupaten, 13 kecamatan dan 58 desa. Biaya investasi Tol Gilimanuk-Mengwi diperkirakan mencapai Rp24,6 triliun.

Adapun Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi terbagi menjadi tiga seksi. Rinciannya, Seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 kilometer (km), Seksi 2 Pekutatan-Soka sepanjang 24,3 km dan Seksi 3 Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper