Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasnur Shipping (HAIS) Adopsi Panel Surya di Pelayaran

Hasnur Shipping implementasi panel surya di beberapa armada kapal baru perusahaan untuk mendukung kebutuhan kelistrikan pada operasional armada.
Teknisi melakukan pemeriksaan instalasi panel surya di salah satu gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (11/6/2024)./Bisnis-Abdurachman.
Teknisi melakukan pemeriksaan instalasi panel surya di salah satu gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (11/6/2024)./Bisnis-Abdurachman.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hasnur Internasional Shipping Tbk. (HAIS) atau HIS berkomitmen mendukung keberlanjutan dan peningkatan kinerja lingkungan melalui implementasi armada ramah lingkungan untuk mengurangi emisi.

Direktur Operasi HIS Laorentina Devi menjelaskan pihaknya memiliki inisiaif green shipping demi operasi bisnis perusahaan yang berkelanjutan, khususnya terkait kegiatan operasional armada kapal yang lebih ramah lingkungan. Pada tahap awal, hal ini diwujudkan melalui implementasi panel surya di beberapa armada kapal baru perusahaan untuk mendukung kebutuhan kelistrikan pada operasional armada.

"Dengan implementasi panel surya ini, kebutuhan kelistrikan di armada yang sedang beroperasi dapat dipasok oleh listrik yang dihasilkan panel surya tersebut sehingga pada akhirnya dapat mengurangi penggunaan BBM atau solar," jelasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (10/8/2024).

Keseriusan terhadap operasi bisnis pelayaran yang berkelanjutan juga dituangkan melalui rencana penyelenggaraan konferensi terkait implementasi green shipping di Indonesia, melibatkan regulator & pemangku kepentingan di industri pelayaran subsektor kapal tunda (tugboat) dan tongkang (barge) pada akhir Agustus 2024 ini.

Sekadar info, saat ini perseroan memiliki dan mengoperasikan armada yang terdiri dari 14 armada tugboat dan 15 unit barge dengan kapasitas angkut yang bervariasi, mulai 7,500 ton hingga 10,000 metrik ton serta 1 unit kapal pengangkut crude palm oil (CPO).

Selain pada kegiatan operasional, HIS juga melaksanakan berbagai program corporate social responsibility yang berlandaskan prinsip berkelanjutan. Misalnya, program terkait lingkungan hidup yaitu penanaman 10.000 bibit pohon di Banjarmasin dan program terkait sosial yaitu edukasi dan layanan kesehatan di area Kalimantan Selatan, pelatihan kewirausahaan kepada penyandang disabilitas, pembagian sembako, dan lainnya.

Berbagai inisiatif ini pun sejalan dengan ulang tahun Hasnur Group ke-58 pada 27 Agustus 2024 nanti yang akan bertema 'Innovation for Sustainable Future'. Harapannya, inovasi dalam operasional bisnis dapat berdampak positif terhadap penciptaan bisnis yang berkelanjutan dan mendukung pewujudan tujuan pembangunan berkelanjutan, yang salah satunya memiliki manfaat untuk lingkungan hidup.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper