Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: HUT RI di IKN Mahal hingga Mimpi Tekan Emisi Transportasi

Perayaan HUT RI di IKN mahal hingga angan tinggi menekan emisi sektor transportasi.
Pembangunan di Ibu Kota Negara, Juli 2024. Bisnis/Akbar Evandio.
Pembangunan di Ibu Kota Negara, Juli 2024. Bisnis/Akbar Evandio.

Bisnis.com, JAKARTA — Penyelenggaraan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI di IKN Nusantara bakal menelan biaya yang tidak sedikit. Momentum ini meningkatkan sejumlah tarif terutama pada sektor jasa mulai dari transportasi hingga hotel.

Kurang dari dua pekan menuju 17 Agustus, pemerintah terus mematangkan peringatan HUT pertama di ibu kota negara tersebut. Selain mengebut penyelesaian infrastruktur dan pasukan pengibaran bendera, beberapa pendukung lainnya tidak luput dari perhatian.

Berdasarkan catatan Bisnis, Negara menebar 3.800 undangan untuk hadir di IKN tepat saat peringatan ulang tahun ke-79 RI. Nantinya, 1.000 undangan hadir pada acara pagi, 1.000 undangan pada sore, 380 undangan di main hall, dan 1.500 undangan tambahan yang akan ditempatkan di Plaza Seremoni.

Aktivitas ini jelas mengerek berbagai kebutuhan tamu undangan dan pejabat negara. Beberapa yang paling pokok adalah kendaraan dan penginapan. Balikpapan sebagai penyangga IKN bahkan telah mempersiapkan diri menyambut tamu jelang peringatan HUT RI.

Artikel tentang perayaan HUT RI di IKN menjadi salah satu berita pilihan BisnisIndonesia.id hari ini, Rabu (7/8/2024). Selain berita tersebut, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id. Berikut ulasannya:

 

Jalan Senyap Berantas Mafia Impor Ilegal

Satuan tugas atau Satgas pengawasan  impor ilegal mengamankan belasan ribu produk impor ilegal mulai pakaian bekas, alas kaki, produk elektronik hingga tekstil bernilai sekitar Rp46 miliar. Temuan ini merupakan yang kedua setelah satgas dibentuk Juli lalu.

Sejumlah barang ilegal yang berhasil diamankan merupakan hasil penindakan beberapa instansi anggota satgas. Bareskrim Polri, misalnya, telah melakukan penindakan terhadap 1.883 bal pakaian bekas impor. Sementara Ditjen Bea Cukai melalui KPBC Tanjung Priok telah mengamankan pakaian bekas hingga 3.044 bal.

Lainnya yakni Bea Cukai Cikarang juga telah mengamankan 695 produk jadi seperti karpet dan handuk; 322 pak tekstil nylon, polyester dan sintetik leather; 371 alas kaki; 6.578 unit elektronik seperti laptop, handphone, mesin fotokopi; dan 5.896 pak garmen yang terdiri dari pakaian jadi dan aksesoris.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Kemendah melalui Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) juga turut mengamankan 20.000 rol kain gulungan yang diduga ilegal karena tidak dilengkapi dokumen persetujuan impor dan laporan surveyor.

 

Fintech AdaKami Putuskan Kurangi Modal Dasar

PT Pembiayaan Digita Indonesia (AdaKami) mengumumkan pengurangan modal dasar perseroan melalui Keputusan Rapat Sirkular Pemegang Saham sebagai pengganti Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui pengumuman di media massa, Rapat Sirkular Pemegang Saham yang berlangsung pada Senin (5/8/2024), memutuskan untuk mengurangi modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan dari semula Rp249,96 miliar menjadi Rp124,98 miliar.

Dalam pengumuman itu, manajemen mengimbau kepada para kreditur yang berkeberatan atas hasil keputusan rapat perseroan terkait dengan pengurangan modal tersebut, dapat mengajukan keberatan sesuai dengan Pasal 45 UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dengan tembusan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam jangka 60 hari setelah pengumuman.

AdaKami merupakan platform layanan keuangan berbasis digital atau peer-to-peer (P2P) lending yang memiliki lebih dari 4 juta pengguna aktif.

 

Serba Mahal Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara

Ribuan pejabat dan tamu undangan dimanfaatkan oleh sejumlah maskapai penerbangan nasional dengan menambah frekuensi penerbangan menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan maupun APT Pranoto Samarinda.

Dua Bandara tersebut akan menjadi lokasi pendaratan utama tamu undangan VVIP, termasuk Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Kondisi ini dipengaruhi oleh belum selesainya pembangunan bandara di IKN.

Setidaknya dua maskapai nasional yakni Garuda Indonesia dan Pelita Air kompak menambah frekuensi penerbangan ke Balikpapan. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) misalnya, telah mempersiapkan 70 jadwal penerbangan pada periode 16-20 Agustus 2024 untuk mendukung mobilitas peserta upacara kemerdekaan RI di IKN. Jumlah tersebut terdiri dari 40 jadwal reguler dan 30 extra flight.

"Kita sangat terbuka untuk tambah lagi [jadwal penerbangan], karena 17 Agustus ini kan event bersama," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Jakarta pada Rabu (31/7/2024).

 

Laris Manis Mobil Berkasta Atas

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan perolehan surat pemesanan kendaraan (SPK) selama pameran GIIAS 2024 yang meningkat signifikan dengan tipe mobil hibrida penyumbang utamanya.

Pameran GIIAS 2024 kembali digelar di ICE BSD Tangerang Selatan, 17-28 Juli. Selama 11 hari pameran, Toyota memperoleh total SPK sebanyak 6.202 unit, meningkat 7% dibandingkan dengan capaian pada pameran serupa tahun lalu.

Penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan SPK sebanyak 1.968 unit (31%), diikuti oleh duo Avanza dan Veloz sebanyak 1.395 unit (22%).

All New Kijang Innova Zenix HEV dengan komposisi penjualan 75% dibanding versi gasoline kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit.

 

Angan Tinggi Tekan Emisi di Sektor Transportasi

Sektor transportasi disebut-sebut menjadi penyumbang terbesar kedua emisi karbon dioksida (CO2) dan sumber utama polusi udara di Indonesia setelah pembangkit listrik. Kendati demikian, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor masih akan terjadi dengan volume yang signifikan hingga kendaraan listrik mendominasi.

Di sisi lain, 99% BBM yang disediakan oleh PT Pertamina (Persero) dinilai belum memenuhi standar sulfur 50 part per million (ppm) atau Euro 4, termasuk untuk seluruh BBM subsidi (sekitar 71% dari total volume). Kondisi ini tentunya menjadi dilematis, mengingat tingkat polusi yang tinggi dari emisi gas buang kendaraan disebabkan oleh kualitas BBM saat ini.

“Perbaikan kualitas BBM di Indonesia ini perlu didorong melalui penyediaan BBM rendah sulfur. Memang nantinya akan ada implikasi biaya dari kenaikan kualitas,” kata Rachmat Kaimuddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dalam acara Road to Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, Senin (2/8/2024) sore.

Terlebih lagi, imbuhnya, harga BBM di Indonesia berdasarkan data Strataadvisor yang diakses per 10 Juli 2024 menjadi salah satu yang terendah di dunia, selain Rusia, Arab Saudi, dan China.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper