Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boeing Tunjuk Kelly Ortberg jadi CEO, Tugas Berat Menanti

Veteran industri pesawat terbang AS Kelly Ortberg ditunjuk sebagai Presiden dan CEO Boeing yang baru.
Boeing 737 MAX. Dok Boeing
Boeing 737 MAX. Dok Boeing

Bisnis.com, JAKARTA - Boeing menunjuk veteran industri kedirgantaraan Kelly Ortberg sebagai Presiden dan CEO baru setelah pencarian selama berbulan-bulan.

Boeing menugaskan mantan eksekutif Rockwell Collins ini dengan tugas berat untuk membalikkan keadaan perusahaan pesawat terbang ternama AS yang sedang mengalami kesulitan tersebut. 

"Ortberg akan mulai bekerja pada 8 Agustus 2024, di saat Boeing bergulat dengan kerugian finansial dan memiliki tugas untuk membangun kembali kepercayaan dengan regulator, industri, dan publik selama krisis kualitas," tulis Boeing dikutip dari Reuters, Kamis (1/8/2024). O

Bukan itu saja, Kelly Ortberg akan menghadapi tekanan untuk membantu menghidupkan kembali produksi pesawat jet Boeing 737 yang laris manis dari sekitar 25 pesawat pada periode Juni dan Juli menjadi 38 pesawat pada akhir tahun.

Direktur Keuangan Boeing Brian West memperkirakan penggunaan modal kerja pada 2024 akan lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya. Dia juga memperkirakan perusahaan akan 'bakar uang' selama kuartal III/2024. 

Penunjukan Kelly Ortberg sebagai CEO telah mengangkat saham Boeing sebesar 1,4% pada awal perdagangan, Rabu (31/7/2024), meskipun perusahaan dirgantara AS itu membukukan kerugian yang lebih besar sebesar US$1,4 miliar pada kuartal II/2024 karena kesulitan di bisnis pertahanan dan luar angkasa.

Salah satu dari dua pembuat pesawat global, Boeing telah terperosok dalam krisis reputasi dan keselamatan setelah ledakan panel kabin di udara pada 5 Januari di pesawat jet MAX 9 yang dioperasikan Alaska Airlines yang mengangkut 171 penumpang.

Hal ini menyebabkan perombakan eksekutif, di mana CEO Dave Calhoun memutuskan untuk mengundurkan diri pada akhir tahun dan ketua dewan direksi Larry Kellner mengatakan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih kembali.

Calhoun mengatakan kepada para analis bahwa ia tidak berpikir kedatangan Ortberg akan menyebabkan perombakan kepemimpinan yang besar di Boeing.

Stephanie Pope, kepala Boeing Commercial Airplanes, dipandang sebagai kandidat yang memungkinkan untuk menggantikan Calhoun.

“Dugaan saya, dia akan merangkul Stephanie dan anggota tim lainnya dengan sangat baik dan mencoba mendukung pekerjaan mereka,” kata Calhoun kepada para analis.

Adapun, Calhoun menjadi penasihat khusus untuk dewan hingga Maret 2025, kata ketua Boeing Steve Mollenkopf pada Rabu (31/7/2024).

Tak lama setelah kecelakaan pada bulan Januari, Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) melarang Boeing untuk meningkatkan produksi keluarga jet 737 MAX di atas 38 pesawat per bulan, tanpa memperkirakan berapa lama pembatasan tersebut akan berlangsung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper