Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cimanggis-Cibitung Rampung Jelang Jokowi Lengser, Butuh 9 Tahun!

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dibangun sejak 2015 akhirnya bakal beroperasi penuh dengan diresmikannya Seksi 2B pada hari ini, Selasa, 9 Juli 2024.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung / Instagram Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin akan meresmikan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B pada sore hari ini, Selasa (9/7/2024). Dengan demikian, jaringan ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) resmi akan tersambung penuh.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan proses peresmian direncanakan akan dilakukan pada sore hari usai Wapres Ma'ruf Amin melakukan peresmian Bendungan Cipanas, atau tepatnya sekitar pukul 15.30 WIB.

“Jadi Pak Wapres besok meresmikan Bendungan Cipanas, dari sana langsung ke Cibitung, meresmikan Tol Cibitung,” jelas Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Senin (8/7/2024). 

Sebagai informasi, ruas Tol Cimanggis – Cibitung memiliki total Panjang 26,18 kilometer (Km). Tol ini mulai dibangun sejak 2015, artinya konstruksi rangkaian Tol Cimanggis – Cibitung mencapai 9 tahun.

Adapun, Pembangunan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways yang saat ini saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan porsi mencapai 55%, PT Wakita Toll Road 35% dan PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Toll Road masing-masing sebesar 5%.

Perinciannya, ruas Tol Cimanggis – Cibitung terdiri dari 2 Seksi, yaitu Seksi 1A Juction Cimanggis – Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020.

Kemudian, Seksi 2A ruas Jatikarya – SS Cikeas sepanjang 3,50 km yang telah fungsional sejak 16 April 2023 dan Seksi 2B ruas Cikeas – Cibitung sepanjang 19,8 km yang bakal diresmikan pada hari ini. 

Jalan Tol ini terkoneksi langsung ke Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang saat ini telah beroperasi hingga Seksi 3, kemudian menjadi akses penghubung dari Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, dan terkoneksi ke 5 ruas lainnya tergabung dalam Jalan Tol JORR 2.

Beroperasinya Jalan Tol Cimanggis - Cibitung akan menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah, yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan informasi yang dibagikan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh berkendara yang sebelumnya dari akses jalan Transyogi / Alternatif Cibubur via Tol Jagorawi dan sebaliknya dapat memakan waktu lebih dari 30 menit, menjadi hanya sekitar 5-10 menit perjalanan saja.

Dengan demikain, jaringan Tol JORR 2 yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,2 Km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,1 Km), Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,6 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,47 Km), dan Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34 Km) resmi tersambung penuh.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper