Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, Tol Jorr 2 Tersambung Penuh

Tol Jakarta Outer Ring Road 2 siap tersambung penuh menyusul rampungnya konstruksi Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung/Instagram Kementerian PUPR
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung/Instagram Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap konstruksi Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B telah rampung. Artinya, jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road 2 siap tersambung penuh.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama dengan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Cimanggis Cibitung Tollways telah melaksanakan proses uji laik fungsi (ULF) pada ruas tol tersebut.

“ULF pada Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak - Cibitung yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road [JORR] 2 ini telah dilakukan pada 11 hingga 14 Juni 2024 ,” tulis BPJT dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (27/6/2024).

Manajemen BPJT menjelaskan, proses uji laik fungsi merupakan rangkaian terakhir sebelum Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B Nagrak – Cibitung dioperasikan.

Adapun, ULF ini dilakukan guna memastikan seluruh spesifikasi teknis, persyaratan, maupun perlengkapan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B Nagrak – Cibitung telah sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas.

Nantinya, setelah rangkaian ULF dilaksanakan akan dilakukan perbaikan atas pemeriksaan hasil oleh tim ULF. Setelah hal itu terpenuhi, barulah sertifikat operasi bakal diterbitkan.

Sebelumnya, pada momentum mudik Lebaran 2024, ruas Tol Cimanggis – Cibitung telah dioperasikan secara fungsional mulai dari Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Cibitung Junction sepanjang 19,65 kilometer (Km).

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sendiri terdiri atas 2 seksi yakni Seksi 1A Junction Cimanggis – Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya – Nagrak yang keduanya telah beroperasi saat ini.

Jalan tol ini akan menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi. Apabila telah resmi beroperasi, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung bakal akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya, yakni Jalan Tol Cengkareng Kunciran, Kunciran – Serpong, Serpong – Cinere, Cinere – Jagorawi, serta Cibitung – Cilincing.

Dengan demikian, setelah Jalan Tol Jorr 2 beroperasi maka struktur jaringan di Kawasan Jabodetabek yang telah memiliki Tol Lingkar Dalam Kota dan Tol Jorr 1 akan semakin lengkap. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper