Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Siapkan Satu Ruas untuk Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu

Hutama Karya memasang gantry sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti atau MLFF di Jalan tol JORR S.
Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) /Istimewa
Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menyebut untuk uji coba sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau bayar tol tanpa henti (multi lane free flow/MLFF) ke depan hanya dipersiapkan pada satu ruas jalan tol.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan, dalam persiapan uji coba penerapan MLFF ini telah terpasang satu struktur gantry di KM 33+600 A Ruas JORR-S. Perihal kesiapan uji coba, kata Tjahjo, Hutama Karya akan mengikuti waktu pelaksanaan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol.

"Sejauh ini, jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya yang dipersiapkan untuk uji coba MLFF masih di ruas JORR-S saja," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (25/10/2022).

Sebelumnya, Hutama Karya sebagai operator tol ruas JORR S telah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), sebagai pelaksana MLFF, untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar dan aman. Sejumlah petugas keamanan dan pengaturan lalu lintas akan disiagakan.

Pemasangan pertama gantry MLFF telah dilakukan di jalan tol JORR S KM33+635 mulai Minggu (23/10/2022) pukul 22.00 WIB sampai dengan Senin (24/10/2022) pukul 04.00 WIB.

Setelah terpasang, akan dilakukan uji coba pada gantry di jalan tol JORR S untuk memastikan semua sistem peralatan bekerja dengan baik. Gantry ini dilengkapi kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) berbasis perangkat lunak.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, penerapan sistem MLFF rencananya akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol. Adapun, ruas mana yang akan diujicobakan masih dalam tahap pembahasan.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, di mana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," jelas Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper