Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hampir Setahun Beroperasi, Kereta Cepat WHOOSH Angkut 3,5 Juta Penumpang

Jumlah penumpang harian Kereta Cepat WHOOSH menunjukkan kenaikan selama beberapa bulan terakhir. Pada Juni 2024 mencapai rata-rata 17.200 penumpang per hari.
Seorang penumpang memasuki rangkaian Kereta Cepat WHOOSH Indonesia di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat pada Senin (9/10/2023)./Bisnis-Lorenzo
Seorang penumpang memasuki rangkaian Kereta Cepat WHOOSH Indonesia di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat pada Senin (9/10/2023)./Bisnis-Lorenzo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan Kereta Cepat WHOOSH telah mengangkut sekitar 3,5 juta penumpang sejak mulai beroperasi.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023, Kereta Cepat WHOOSH tercatat telah melayani sebanyak 3,5 juta penumpang. Angka tersebut menunjukan kepercayaan masyarakat yang baik menjadikan Kereta Cepat sebagai moda pilihan.

Dia menuturkan, rata-rata jumlah penumpang harian Kereta Cepat WHOOSH juga menunjukkan kenaikan selama beberapa bulan terakhir. Pada Juni 2024, rata-rata jumlah penumpang Kereta Cepat per hari mencapai 17.200 penumpang.

Jumlah tersebut meningkat 3% jika dibandingkan rata rata harian penumpang sepanjang Mei lalu sebanyak 16.700. Catatan tersebut juga meningkat 26% jika dibandingkan dengan periode April sebanyak 13.600 ribu penumpang per hari.

"KCIC berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menggunakan WHOOSH. Hal tersebut akan terus kami jaga untuk meningkatkan pelayanan Kereta Cepat baik di Stasiun dan perjalanan," jelas Eva dalam keterangan resminya, Sabtu (29/6/2024).

Eva melanjutkan, peningkatan ini juga didukung melalui penambahan perjalanan WHOOSH Secara bertahap. Dari 14 perjalanan, 28 perjalanan, 36 perjalanan, 40 perjalanan, hingga 48 perjalanan perhari sejak Desember 2023.

Adapun, Kereta Cepat WHOOSH juga berhasil mencatatkan rekor jumlah penumpang harian tertinggi pada Kamis (27/6/2024). Tercatat, sebanyak 22.249 penumpang menggunakan layanan Kereta Cepat WHOOSH pada hari tersebut. 

Secara terperinci, Eva menuturkan jumlah tersebut terdiri atas 11.482 penumpang berangkat dari Stasiun Halim, 8.123 penumpang dari Stasiun Padalarang, dan 2.644 penumpang dari Stasiun Tegalluar.

Dia menuturkan, saat ini rata-rata harian volume penumpang Whoosh mencapai 17.000  penumpang per hari. Menurutnya, kenaikan volume pada akhir pekan ini juga dipengaruhi dengan adanya momen libur sekolah yang saat ini sudah mulai berlangsung. 

"Banyak penumpang keluarga yang menggunakan WHOOSH untuk berlibur di Jakarta maupun di Bandung," kata Eva.

Lebih lanjut, kenaikan jumlah penumpang Kereta Cepat juga didukung oleh sejumlah inovasi layanan yang dilakukan KCIC.

Eva menuturkan, beberapa pengembangan seperti pembatalan dan pengubahan jadwal secara online, penerapan tarif dinamis, layanan pemesanan rombongan, Frequent Whooser Card, Contact Center yang dapat diandalkan, kerja sama destinasi wisata, serta integrasi antarmoda yang terus bertambah juga menjadi beberapa faktor penting yang menggenjot kenaikan jumlah penumpang Kereta Cepat secara bertahap.

"KCIC akan terus berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan. Harapannya, akan semakin banyak masyarakat yang akan beralih dari transportasi pribadi ke transportasi publik yang ramah lingkungan,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper