Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura: Server PDN Down, Layanan Imigrasi Bandara Mulai Normal

PT Angkasa Pura Indonesia menyebut layanan keimigrasian pada bandara-bandara sudah berjalan normal usai server Pusat Data Nasional atau PDN down.
Kondisi Bandara Soekarno Hatta, Senin (24/6/2024) usai sebelumnya terganggu akibat server Pusat Data Nasional (PDN) down./ BISNIS - Lorenzo A. Mahardhika
Kondisi Bandara Soekarno Hatta, Senin (24/6/2024) usai sebelumnya terganggu akibat server Pusat Data Nasional (PDN) down./ BISNIS - Lorenzo A. Mahardhika

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports menyebut layanan keimigrasian pada bandara-bandara yang dikelolanya sudah berjalan normal pascagangguan pada server Pusat Data Nasional atau PDN down sejak Kamis (20/6/2024).

Rahadian D. Yogisworo, Corporate Secretary Group Head PT Angkasa Pura Indonesia menuturkan, untuk saat ini kondisi antrean pemeriksaan imigrasi di bandara-bandara perusahaan sudah normal. Dia menuturkan, kondisi tersebut sudah terjadi sejak Sabtu (22/6/2024) sore lalu.

Dia memaparkan, berdasarkan hasil pantauan di lapangan, fasilitas autogate di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sudah mulai berfungsi secara normal.

Meski demikian, Rahadian menuturkan pihak Ditjen Imigrasi juga masih menyiapkan langkah antisipatif untuk mencegah antrean kembali terjadi, diantaranya menyiagakan konter pemeriksaan manual.

"Kondisi [antrean] sudah berjalan normal. Tetapi, dapat kami sampaikan juga bahwa konter pemeriksaan manual keimigrasian masih tetap dibuka," kata Rahadian saat dikonfirmasi, Senin (24/6/2024).

Seiring dengan hal tersebut, dia menuturkan, jadwal penerbangan rute internasional di bandara-bandara InJourney Airports telah kembali normal.

Rahadian menuturkan, pihaknya juga melaporkan adanya keterlambatan penerbangan internasional saat sistem imigrasi mengalami kendala. Dia menuturkan, waktu keterlambatan itu berkisar antara 30 menit hingga 45 menit dari jadwal awal.

Adapun, dia tidak memperinci secara detail jumlah jadwal penerbangan yang mengalami keterlambatan sejak gangguan server PDN. Namun, dia menyebut, jumlah keterlambatan tersebut tidak signifikan.

"Jumlah keterlambatan tidak begitu signifikan dari total keseluruhan jadwal penerbangan rute internasional yang ada," kata Rahadian.

Secara terpisah,  Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memutuskan untuk memindahkan pusat data (data center) untuk tetap dapat melayani kegiatan keimigrasian di bandara dan pelabuhan menyusul gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) yang tak kunjung pulih.

Pemindahan tersebut membuat pemeriksaan keimigrasian secara digital sudah beroperasi normal sejak Sabtu (22/6/2024) lalu.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menuturkan, titik-titik tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) utama seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Juanda, Kualanamu, Hang Nadim, serta Pelabuhan Batam Center dan Nongsa sudah dapat melayani pemeriksaan keimigrasian.

"Keputusan pemindahan tersebut dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis PDN Kementerian Kominfo teridentifikasi. Kami putuskan pindah data center demi pemulihan pelayanan publik dan juga faktor keamanan negara," kata Silmy dalam keterangan resminya.

Secara terperinci, dia mengatakan sistem aplikasi perlintasan sudah berjalan normal sejak pemulihan pada  Sabtu (22/06/2024) malam. Sementara itu, sistem autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Minggu (23/06/2024) pagi. 

Selain itu, aplikasi M-Paspor dan Cekal Online juga sudah sepenuhnya beroperasi normal. Adapun,  sistem paspor ditargetkan sudah pulih mulai hari ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper