Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Server PDN Masih Down, Ini Nasib Layanan Imigrasi di Bandara Internasional

Kemenkumham menjelaskan kondisi terkini layanan imigrasi di bandara internasional usai server PDN masih down.
Penumpang tampak memadati Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (6/4/2024)./ JIBI - Bisnis - Surya Dua Artha Simanjuntak.
Penumpang tampak memadati Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (6/4/2024)./ JIBI - Bisnis - Surya Dua Artha Simanjuntak.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjelaskan kondisi terkini layanan imigrasi di sejumlah bandara internasional usai server Pusat Data Nasional atau PDN down sejak akhir pekan lalu.

Kemenkumham memutuskan untuk memindahkan pusat data (data center) untuk tetap dapat melayani kegiatan keimigrasian di bandara dan pelabuhan. Pemindahan tersebut membuat pemeriksaan keimigrasian secara digital sudah beroperasi normal sejak Sabtu (22/6/2024).

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menuturkan, titik-titik tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) utama seperti di Bandara Internasional Soekarno Hatta, I Gusti Ngurah Rai, Juanda, Kualanamu, Hang Nadim, serta Pelabuhan Batam Center dan Nongsa sudah dapat melayani pemeriksaan keimigrasian.

"Keputusan pemindahan tersebut dilakukan setelah 12 jam sejak gangguan teknis PDN Kementerian Kominfo teridentifikasi. Kami putuskan pindah data center demi pemulihan pelayanan publik dan juga faktor keamanan negara," kata Silmy dalam keterangan resminya, Senin (24/6/2024).

Secara terperinci, dia mengatakan sistem aplikasi perlintasan sudah berjalan normal sejak pemulihan pada  Sabtu (22/06/2024) malam. Sementara itu, sistem autogate, aplikasi visa dan izin tinggal sudah normal pada Minggu (23/06/2024) pagi.

Selain itu, aplikasi M-Paspor dan Cekal Online juga sudah sepenuhnya beroperasi normal. Adapun, sistem paspor ditargetkan sudah pulih mulai hari ini.

Silmy mengatakan, pihaknya tidak dapat menunggu PDN pulih sepenuhnya untuk dapat melanjutkan pelayanan keimigrasian. Dia menuturkan, kepentingan publik menjadi prioritas dalam upaya pemulihan kesisteman yang dilakukan oleh Tim IT Ditjen Imigrasi, sehingga masyarakat yang akan melintas keluar dan masuk Wilayah Indonesia dapat terlayani dengan baik.

Silmy menuturkan, permasalahan teknis pada server umumnya bisa terselesaikan dalam hitungan satu sampai tiga jam. Ketika sudah melebihi enam jam, pihaknya  menyimpulkan adanya kendala lebih dari permasalahan teknis semata, seperti serangan siber.

Menurutnya, permasalahan akibat serangan siber biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika serangannya ransomware.

"Dalam hal ini, saya mengapresiasi langkah recovery yang dilakukan rekan-rekan di imigrasi yang bertindak cepat dan bekerja 24 jam untuk memulihkan sistem imigrasi,” kata Silmy.

Silmy berharap agar PDN Kementerian Kominfo segera pulih dan kembali normal. Hal ini mengingat banyaknya pelayanan publik lainnya yang bergantung pada data center PDN.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper