Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASDP Akselerasi Digital, Aplikasi Ferizy Tembus 2,32 Juta Pengguna

PT ASDP Indonesia Ferry menyebut aplikasi Ferizy telah menembus angka 2,32 juta pengguna.
Kapal feri ASDP./ Dok. ASDP
Kapal feri ASDP./ Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut jumlah pengguna aplikasi Ferizy telah menembus angka 2,32 juta user sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2020.

Sebagai informasi, Ferizy merupakan platform aplikasi pemesanan tiket penyeberangan online milik ASDP. 

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, sejak diluncurkan pada 2020, Ferizy telah mengalami pertumbuhan pengguna yang pesat. Dia menuturkan, pada awal peluncurannya, terdapat 438.105 pengguna dan angka ini terus meningkat pada 2021 menjadi 354.700 pengguna. 

Jumlah tersebut kemudian meningkat pada 2022 mencapai 527.730 pengguna. Selanjutnya, jumlah pengguna Ferizy mencapai 655.951 pada 2023.

"Hal ini menunjukkan kepercayaan dan awareness masyarakat terhadap pemesanan tiket penyeberangan kapal feri secara online semakin meningkat," kata Shelvy dalam keterangan resminya, Rabu (29/5/2024). 

Shelvy mengatakan, salah satu pencapaian positif dari kehadiran Ferizy terjadi pada arus balik Angkutan Lebaran lalu yang berjalan lancar dan terkendali. Dia menjelaskan, secara akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni mencapai 98,2%.

Dia mengatakan, hal ini terjadi berkat dukungan pengguna jasa dalam mematuhi kebijakan bertiket maksimal H-1 keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai jadwal tertera di tiket. Shelvy melanjutkan, sosialisasi pembelian tiket online via Ferizy ini akan disampaikan terus menerus kepada masyarakat.

Shelvy menambahkan, penerapan digitalisasi berdampak pada meratanya distribusi arus kedatangan pengguna jasa sesuai konsep flattening the curve. Hal ini berderdampak pada percepatan proses customer handling, meminimalisir potensi antrian di pelabuhan, serta pencatatan manifest yang lebih akurat.

Shelvy menuturkan, pihaknya akan terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru yang semakin memudahkan pergerakan masyarakat.

"ASDP memiliki target penerapan layanan penjualan tiket via online di seluruh pelabuhan di tahun 2024 ini," kata Shelvy.

Adapun, total sebanyak 26 pelabuhan yang telah menerapkan pemesanan tiket online melalui aplikasi ataupun website Ferizy, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Ajibata, Ambarita, Jangkar, Sape, Labuan Bajo, Lembar, Padangbai, Jepara, Karimun Jawa, Ujung, Kamal, Kayangan, Pototano, Tanjung Kalian, Pagimana, Gorontalo, Galala, Hunimua, Waipirit, Namlea, Batulicin, dan Tanjung Serdang.

Sementara itu, pada awal Juni 2024, ASDP akan melakukan go live tiket online di Pelabuhan Bajoe dan Kolaka, Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper