Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang, ASDP Prediksi Pengguna Kapal Feri Naik Tipis

PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi pengguna kapal feri saat libur panjang pekan ini naik tipis.
Kapal feri ASDP./ Dok. ASDP
Kapal feri ASDP./ Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi arus kendaraan dan penumpang pada libur panjang akhir pekan ini hanya 3%.

Adapun, pekan ini terdapat libur nasional Hari Raya Waisak pada Kamis (23/5/2024) dan cuti bersama pada Jumat (24/5/2024) yang akan mendorong pergerakan masyarakat untuk berlibur, termasuk yang akan menggunakan jalur darat dan penyeberangan.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin memprediksi arus kendaraan dan penumpang akan naik sekitar 3% dibandingkan dengan hari normal.

Dia menjelaskan total kapal feri yang standby di lintas Merak-Bakauheni sebanyak 66 unit kapal. Adapun, dengan penetapan pola operasi 4 kapal per dermaga sesuai ketentuan BPTD yang mengelola jadwal operasi kapal.

"Maka terdapat 28 unit kapal yang siap melayani per 24 jam dengan trip rata-rata mencapai total 105-112 trip per harinya," tutur Shelvy dalam siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Dia menambahkan lonjakan arus kendaraan dan penumpang tidak tinggi karena saat ini tengah berlangsung juga ujian akhir nasional untuk sekolah menengah, sehingga mayoritas masyarakat akan melakukan perjalanan liburan saat libur anak sekolah Juni-Juli 2024.

Tercatat pada periode long weekend bertepatan Hari Kenaikan Yesus Kristus pada dua pekan lalu, angka produksi masih terpantau landai dengan rata-rata jumlah produksi kendaraan di angka 6.000 hingga 8.000 unit per hari. Adapun puncak arus berangkat jatuh pada Rabu (8/5/2024) dengan total kendaraan menyeberang sebanyak 8.610 unit.

"Prediksinya kemungkinan angka produksi kendaraan periode Hari Raya Waisak akan naik hingga delapan ribuan pada hari Kamis," katanya.

Berdasarkan data posko, lanjutnya, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada Angkutan Lebaran 2024 saat weekday sebanyak 11.992 per hari, sedangkan saat weekend sebanyak 14.511 per hari.

ASDP Cabang pun memastikan jika ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti di Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk juga memadai. Bahkan telah ditingkatkan sejak sebelum layanan Angkutan Lebaran pada April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper