Jangan Asal, Ini 6 Panduan Memilih AC Terbaik untuk Rumah Anda

AC (Air Conditioner) telah menjadi kebutuhan penting dalam berbagai rumah tangga di Indonesia, terutama di daerah dengan suhu tinggi dan kelembaban yang tinggi
Foto: Illustrasi Air conditioner/
Foto: Illustrasi Air conditioner/

Bisnis.com, JAKARTA - AC (Air Conditioner) telah menjadi kebutuhan penting dalam berbagai rumah tangga di Indonesia, terutama di daerah dengan suhu tinggi dan kelembaban yang tinggi. Memilih AC yang tepat tidak hanya tentang mencari harga yang murah tetapi juga mempertimbangkan efisiensi energi, daya tahan, dan fitur yang ditawarkan.

Untuk itu, dalam memilih AC terbaik untuk rumah Anda tidak boleh sembarangan agar penyebaran udara dingin tetap maksimal dan konsumsi daya listrik tetap stabil. Berikut ini 6 panduan untuk Anda dalam memilih AC terbaik untuk mendukung homeliving yang tepat.

1. Menentukan Kapasitas AC yang Dibutuhkan

Kapasitas AC diukur dalam BTU (British Thermal Units). Semakin besar ruangan, semakin tinggi BTU yang diperlukan. Untuk kamar tidur, AC dengan kapasitas 5.000 hingga 7.000 BTU sudah cukup. Untuk ruang tamu yang lebih besar, Anda mungkin memerlukan AC dengan kapasitas 10.000 BTU atau lebih. Memilih kapasitas yang tepat membantu menghemat biaya listrik karena AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan.

Selain itu, pertimbangkan juga PK AC. Kapasitas AC diukur dalam satuan PK (Paardekracht). Semakin besar ruangan, semakin besar kapasitas PK yang dibutuhkan. Untuk ruangan kecil seperti kamar tidur, AC dengan kapasitas 0.5 hingga 1 PK biasanya sudah cukup.

Untuk ruangan yang lebih besar seperti ruang tamu, Anda mungkin memerlukan AC dengan kapasitas 2 PK atau lebih. Menentukan kapasitas yang tepat akan membantu Anda menghemat biaya energi karena AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan.

2. Pilih AC dengan Efisiensi Energi Tinggi

Efisiensi energi merupakan faktor penting dalam memilih AC termurah untuk homeliving. AC dengan rating EER (Energy Efficiency Ratio) yang tinggi biasanya lebih hemat energi. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal di awal, Anda akan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang karena biaya listrik yang lebih rendah. Carilah AC dengan label Energy Star yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut memenuhi standar efisiensi energi yang ketat.

3. Pertimbangkan Fitur Tambahan

Banyak AC modern dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi. Beberapa fitur yang perlu dipertimbangkan termasuk mode hemat energi, pengaturan timer, kontrol jarak jauh, dan filter udara yang dapat dibersihkan. Fitur-fitur ini dapat membantu mengoptimalkan penggunaan AC Anda dan mengurangi konsumsi energi.

4. Bandingkan Harga dan Ulasan

Setelah Anda menentukan spesifikasi AC yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah membandingkan harga dari berbagai merek dan model. Jangan hanya fokus pada harga termurah, tetapi juga perhatikan ulasan pelanggan untuk memastikan kualitas dan keandalan produk. Situs belanja online dan forum diskusi sering kali memberikan ulasan yang jujur dan detail dari pengguna AC.

5.Cek Promo dan Diskon

Mencari promo dan diskon adalah cara lain untuk mendapatkan AC termurah. Banyak toko elektronik menawarkan potongan harga atau paket promo khusus pada periode tertentu, seperti saat musim panas atau pada hari-hari besar seperti Harbolnas dan Black Friday. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan AC berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Perhatikan Biaya Instalasi dan Perawatan

Selain harga AC itu sendiri, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya instalasi dan perawatan. Beberapa toko mungkin menawarkan jasa instalasi gratis atau dengan biaya rendah. Pastikan Anda mengetahui biaya tambahan ini sebelum membeli. Selain itu, pilihlah AC yang mudah dirawat agar biaya perawatan tidak membengkak di kemudian hari.

Tips Memaksimalkan Penggunaan AC di Rumah

  • Gunakan Tirai atau Gorden

Menutup jendela dengan tirai atau gorden dapat membantu mencegah masuknya panas dari luar sehingga AC tidak perlu bekerja terlalu keras.

  • Bersihkan Filter Secara Berkala

Filter yang kotor dapat mengurangi efisiensi AC. Bersihkan atau ganti filter secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrikan.

  • Atur Suhu dengan Bijak

Menjaga suhu pada tingkat yang nyaman, biasanya antara 24-26 derajat Celsius, dapat membantu menghemat energi.

  • Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Menutup pintu dan jendela saat AC menyala dapat mencegah udara dingin keluar dan udara panas masuk.

  • Gunakan Timer atau Mode Hemat Energi

Memanfaatkan timer atau mode hemat energi pada AC dapat membantu mengurangi konsumsi listrik saat Anda tidak berada di rumah.

Pilih Tempat Belanja Produk Homeliving Termurah

Jika Anda mencari AC termurah dan produk homeliving lainnya, Renos.id adalah pilihan tepat. Renos.id menawarkan berbagai macam produk homeliving dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik. Anda dapat menemukan berbagai jenis AC dari merek-merek terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Dengan berbelanja di Renos.id, Anda juga bisa menikmati berbagai promo dan diskon menarik yang dapat membantu Anda menghemat lebih banyak. Kunjungi Renos.id sekarang dan temukan solusi homeliving terbaik untuk rumah Anda!

Dengan mempertimbangkan tips dan panduan di atas, Anda dapat memilih AC yang tidak hanya murah tetapi juga efisien dan tahan lama untuk kebutuhan homeliving Anda. Selamat berbelanja dan semoga Anda menemukan AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Renos.id!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper