Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taylor Swift Dongkrak Jumlah Kunjungan WNI ke Singapura

BPS menyebut konser Taylor Swift membuat jumlah kunjungan WNI ke Singapura meningkat per Maret 2024.
Suasana konser Taylor Swift bertajuk The Eras Tour. Dok Bloomberg
Suasana konser Taylor Swift bertajuk The Eras Tour. Dok Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat proporsi kunjungan wisatawan nasional ke Singapura mengalami peningkatan pada Maret 2024, dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Wisatawan nasional atau wisnas merupakan jumlah perjalanan orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan, proporsi kunjungan wisnas ke Singapura tercatat sebesar 17,26% pada Maret 2024, dari bulan sebelumnya sebesar 16,65%.

“...didorong antara lain penyelenggaraan konser musik internasional di Singapura,” kata Amalia dalam Rilis BPS, Kamis (2/5/2024).

Sebagai informasi, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika, Taylor Swift menggelar konser di sejumlah negara. Singapura menjadi satu-satunya lokasi konser Taylor di Asia Tenggara dan dilaksanakan selama 6 hari.

Tak heran jika Swiftie, sebutan untuk fans Taylor yang berada di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, memilih Singapura untuk menyaksikan pertunjukkan Taylor.

Selain Singapura, proporsi kunjungan wisnas ke Arab Saudi juga mengalami peningkatan. Hal tersebut didorong oleh kegiatan umrah ke Tanah Suci. Tercatat proporsi wisnas ke Arab Saudi sebesar 16,99% pada Maret 2024, atau meningkat dari bulan sebelumnya 16,11%.

Adapun sebanyak 691.546 wisnas melakukan perjalanan pada Maret 2024. Angka tersebut kata Amalia, meningkat 4,85% dibanding Februari 2024 serta naik 7,45% dibanding Maret 2023.

Secara kumulatif, BPS melaporkan bahwa jumlah perjalanan wisnas mencapai 2,18 perjalanan. Jumlah tersebut naik 15,75% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, jumlah tersebut relatif lebih rendah dibanding periode yang sama saat sebelum pandemi yaitu Januari-Maret 2019.

“Negara tujuan utama wisnas pada Maret 2024 hampir 1 dari 3 orang Indonesia melakukan perjalanan ke Malaysia atau 29,95%, disusul ke Singapura 17,26%, dan Arab Saudi 16,99%,” ujarnya.

Total proporsi kunjungan ketiga negara ini terhadap total perjalanan wisnas mencapai 64,2%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper