Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Angkutan Barang PT KAI Melandai, Kuartal I/2024 Naik 3%

PT KAI melaporkan kinerja angkutan barang sepanjang kuartal I/2024 yang naik 3% secara tahunan.
Kereta Api Angkutan Barang. -KAI
Kereta Api Angkutan Barang. -KAI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaporkan telah mengangkut sebanyak 15,78 juta ton barang sepanjang kuartal I/2024.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menuturkan, KAI tercatat mengangkut sebanyak 15.758.465 ton barang pada periode Januari-Maret 2024. Catatan tersebut meningkat 3% dibanding periode kuartal I/2023 sebanyak 15.345.339 ton barang.

Angkutan barang KAI pada kuartal I/2024 didominasi oleh komoditas batu bara sebesar 12.496.424 ton atau 79% dari total angkutan barang KAI. Angkutan batu bara KAI terkonsentrasi di wilayah Sumatra bagian selatan guna mendukung pasokan energi nasional.

Adapun hampir seluruh komoditas, baik batu bara ataupun non batu bara menunjukan tren positif dimana pertumbuhan berkisar dari 3% hingga 22%.

Agus menjelaskan, pertumbuhan angkutan barang ditopang oleh adanya penambahan frekuensi perjalanan dan rute, serta penambahan gerbong dalam satu rangkaiannya. 

“Hal ini sebagai dampak terus meningkatnya permintaan pelanggan atas angkutan barang menggunakan kereta api,” jelas Agus dalam keterangan resminya, Senin (29/4/2024).

Agus mengatakan, KAI melayani berbagai komoditi angkutan barang seperti peti kemas, batu bara, semen, BBM, CPO, pupuk, retail, dan lainnya. Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional.

Kelebihan kereta api salah satunya adalah kapasitasnya yang sangat besar. Satu gerbong bisa mengangkut 50 ton atau seukuran 2 truk kontainer. Bahkan, satu rangkaian KA angkutan batu bara di Sumatra bagian selatan dapat menarik 60 gerbong atau 3.000 ton sekaligus. Jika diangkut truk butuh kurang lebih 120 truk.

“Angkutan barang KAI hadir untuk dapat mendukung biaya logistik yang kompetitif dan mengurangi dampak eksternalitas seperti kemacetan, polusi, jalan-jalan yang rusak, serta meningkatkan daya saing global,” kata Agus.

Pada kuartal I/2024, KAI terus melakukan upaya perkuatan angkutan barang, salah satunya dengan mengikat kerja sama dengan Progress Rail (Anak Perusahaan Caterpillar) asal AS untuk pengadaan 54 lokomotif. Kesepakatan ini merupakan bagian dari langkah strategis KAI dalam rencana pengembangan angkutan barang di Sumatra Selatan.

Sementara itu, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api barang mencapai 93,9% pada kuartal I/2024, meningkat dibanding kuartal I/2023 yakni 91,6%. Kemudian, tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api barang pada tiga bulan pertama 2024 mencapai 88,3%, meningkat dibanding kuartal I/2023 yakni 86,3%.

Dia menuturkan, perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. 

“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pelanggan termasuk pengusaha komoditas,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper