Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Inka Ekspor Gerbong Kereta Barang ke Selandia Baru

PT Industri Kereta Api atau Inka telah melakukan ekspor gerbong kereta barang ke Kiwi Rail di Selandia Baru.
Kegiatan pembuatan kereta Api di PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur,  Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Agne Yasa
Kegiatan pembuatan kereta Api di PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur, Selasa (15/1/2019)./Bisnis-Agne Yasa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka telah melakukan pengiriman ekspor sebanyak 133 unit gerbong barang ke Kiwi Rail di Selandia Baru.

Direktur Utama PT Inka (Persero) Eko Purwanto menjelaskan sebanyak 133 unit gerbong barang yang dikirimkan ini merupakan Batch-1 yang bertipe container flat top (CFT) wagon. Pengiriman tersebut merupakan bagian dari proyek 262 unit gerbong yang diperoleh dari perusahaan Australia yakni UGL di Januari 2021. 

“Sebanyak 2 unit prototype dari proyek ini dikirim pada Desember 2021 dan telah selesai tahap tes dinamis oleh UGL dan KiwiRail pada pertengahan 2022,” kata Eko dikutip dari keterangan resminya, Jumat (24/2/2023).

Eko menambahkan, Inka Group juga memperoleh kontrak dari UGL untuk pengadaan 450 wagon pada September 2022 dan kontrak 50 platform/underframe lokomotif pada November 2021.

Dia mengemukakan kebanggaannya terkait hubungan dengan UGL yang membuktikan kemampuan Inka untuk bersaing dikancah global. Eko berharap kerja sama tersebut akan berkelanjutan mengingat masih terbukanya kebutuhan sarana perkeretaapian di negara tersebut.

Sementara itu, Direktur Program Rollingstock Procurement KiwiRail, Chrissy Farago mengatakan bahwa gerbong-gerbong baru ini akan menggantikan gerbong barang yang lama sebagai bentuk program modernisasi operasional armada KiwiRail.

"Ketika pengujian selesai, gerbong-gerbong baru ini akan langsung ditempatkan dan digunakan untuk angkutan kayu sebagai salah satu pelayanan KiwiRail untuk industri kehutanan New Zealand,” jelas Farago.

Manajer Pengadaan Rollingstock, Capital Projects & Asset Development KiwiRail Amy Chen menyampaikan bahwa pihaknya telah mengunjungi PT Inka (Persero) dan mengapresiasi kualitasnya. Dia mengatakan, Inka adalah pemasok kedua yang dimiliki perusahaan. 

Chen juga mengapresiasi kualitas gerbong buatan PT Inka yang sangat bagus. Dia juga telah beberapa kali melakukan kunjungan ke PT Inka dan meninjau kualitas produksi perseroan.

Adapun spesifikasi umum  gerbong dibagi menjadi tiga tipe yakni ukuran 40 kaki, 50 kaki, dan 60 kai yang didesain oleh UGL di Newcastle Australia dengan berat kosong sekitar 15,2-17,1 ton dengan maksimum daya angkut 62,9 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper