Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Jatuhkan Sanksi untuk Iran, Ekspor Minyak Bakal Dipangkas

Pemerintah AS bakal menjatuhkan sanksi kepada Iran, salah satu caranya dengan pangkas ekspor minyak.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Bloomberg.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Bloomberg.

Serangan Iran ke Israel 

Seperti diketahui, Iran menyerang Israel pada Sabtu (13/4/2024) dengan meluncurkan sebanyak lebih dari 300 drone dan rudal. Serangan Iran ini dianggap sebagai serangan balasan atas serangan udara yang dilakukan Israel ke konsulat Iran di Damaskus pada Kamis (11/4/2024) yang menewaskan perwira elit militer Iran.

Militer Israel menyampaikan pihaknya berhasil menggagalkan drone dan rudal yang diluncurkan Iran ke Israel dengan cara menembaknya, tidak ada korban jiwa dalam serangan ini. Namun, menimbulkan kekhawatiran membuka jalan menuju perang besar.

Dikutip dari Reuters, lebih dari 33.000 warga palestina yang tewas atas serangan Israel kepada kelompo Hamas di Gaza. Menurut penghitungan Israel, kelompok Hamas telah menyerang Israel pada 7 Oktober 2023 sehingga menewaskan 1.200 orang dan menyandera 253 orang warga Israel.

Yellen menyampaikan AS akan menekan Hamas melalui alat-alat ekonomi dan Departemen Keuangan menekankan bahwa sanksi-sanksi yang dijatuhkan tidak boleh melarang bantuan kemanusiaan.

Yellen mendorong untuk mengambil tindakan segera supaya penderitaan warga Palestina di daerah kantong tersebut berakhir. Seperti diketahui, warga yang bertempat tinggal di Gaza sebanyak lebih dari dua juta orang sedang menghadapi ancaman pangan yang parah dan sebagian besar warga telah mengungsi.

“Adalah kewajiban kita semua di pertemuan ini untuk melakukan segala daya kita untuk mengakhiri penderitaan ini,” ujarnya.

Yellen juga menyampaikan sanksi akan dijatuhkan terhadap kekerasan ekstrim yang dilakukan oleh pemukim di Tepi Barat, memastikan sistem perbankan bisa berfungsi di lokasi tersebut, serta mendorong program IMF di Yordania dan Mesir. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper