Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM di Jateng dan DIY Naik 68% Saat Lebaran

Saat lebaran, terjadi kenaikan avtur dan konsumsi BBM di Jateng dan DIY
Konsumsi BBM di Jateng dan DIY Naik 68% Saat LebaranBisnis/Eusebio Chrysnamurti
Konsumsi BBM di Jateng dan DIY Naik 68% Saat LebaranBisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah mencatat konsumsi BBM jenis Gasoline di Jawa Tengah dan DIY sebesar 21.533 KiloLiter (KL/hari) per hari.

Konsumsi tertinggi selama periode tersebut terjadi saat puncak arus mudik yaitu tanggal 9 April 2024.

Angka konsumsi tersebut lebih tinggi sekitar 68% dari rerata konsumsi normal harian di Jateng dan DIY yaitu 12.824 KL/hari. 

Namun untuk konsumsi saat puncak arus balik, angka konsumsi BBM jenis Gasoline tidak lebih tinggi dari saat arus mudik yaitu di angka 18.955 KL/hari yang terjadi pada tanggal 13 April 2024 atau H+3 lebaran dengan kenaikan sekitar +48% dari rerata konsumsi normal harian.

"Kenaikan konsumsi saat puncak arus mudik di ruas tol terjadi di H-2 lebaran (8/4) dan secara wilayah Jateng dan DIY justru puncak konsumsi di H-1 (9/4) kemudian di puncak arus balik, konsumsi puncaknya secara Jateng dan DIY terjadi di H+3 (13/4) namun konsumsi puncaknya di ruas tol terjadi di ruas tol trans jawa terjadi di H+4 (14/4),” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho dalam keterangan, Selasa (16/4/2024).

Galih menyampaikan, untuk tren konsumsi avtur bagi penerbangan di bandara wilayah Jawa Tengah dan DIY terjadi di H-5 lebaran (5/4/2024) naik hingga 120% dari rerata konsumsi harian.

Kemudian untuk arus balik terjadi di H+5 lebaran (15/4/2024) yang naik hingga 48% dengan konsumsi terbesar di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo.

Adapun untuk selama masa arus mudik dan arus balik lebaran 2024, layanan tambahan pengisian BBM selama di ruas tol menggunakan motoris, Galih mengungkapkan sebaran konsumen yang dilayani oleh Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah sebanyak 52 konsumen.

"8 dari 52 konsumen yang memanfaatkan layanan motoris kami berada di titik jalur wisata, sisanya didominasi dari rest area sekitar tol trans jawa yang didominasi oleh pembelian Pertamax di rest area KM 456A Salatiga," ujarnya.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan bahwa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (SATGAS RAFI) 2024 tetap aktif hingga 21 April. 

"Meski puncak arus balik terlewati, Pertamina Patra Niaga tetap siaga hingga akhir satgas di 21 April nanti untuk memonitor kebutuhan BBM, LPG dan Avtur di lapangan hingga berakhirnya arus balik nanti," jelas Irto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper