Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik, 37 Bandara Angkasa Pura Siap Beroperasi 24 Jam

Sebanyak 37 bandara Angkasa Pura siap beroperasi 24 jam untuk melayani penumpang pesawat pada puncak arus balik Lebaran, Senin, 15 April 2024.
Penumpang tampak memadati Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (6/4/2024) siang atau H-4 Lebaran/Bisnis - Surya Dua Artha Simanjuntak.
Penumpang tampak memadati Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (6/4/2024) siang atau H-4 Lebaran/Bisnis - Surya Dua Artha Simanjuntak.

Binsis.com, JAKARTA - Sebanyak 37 bandara siap beroperasi 24 jam untuk melayani penumpang pesawat pada puncak arus balik Lebaran yang perkirakan terjadi pada hari ini, Senin, 15 April 2024.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Faik Fahmi mengatakan, selama periode Posko Lebaran, terdapat enam bandara yang telah beroperasi selama 24 jam, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Kuala Namu Medan, dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kendati begitu, dia memastikan bahwa bandara-bandara lainnya tetap bersiaga untuk beroperasi selama seharian penuh. 

"Bandara lainnya tetap bersiaga dan terbuka untuk beroperasi 24 jam sesuai dengan permintaan dari operator penerbangan, terutama untuk menghadapi arus balik yang diprediksi puncaknya akan berlangsung besok [Senin, 15 April 2024]," ujar Faik dalam keterangan resmi, dikutip Senin (15/4/2024).

Adapun, InJourney Airports mencatat telah melayani sebanyak 5,14 juta penumpang selama periode Posko Lebaran pada 3-13 April 2024. Menurut Faik, jumlah penumpang tersebut tumbuh 7,5% dibandingkan periode yang sama pada Posko Lebaran 2023 mencapai 4,78 juta penumpang. 

Lebih lanjut, InJourney Airports memperkirakan terdapat 611.882 pergerakan penumpang, 4.188 pergerakan pesawat, dan 3.534 ton pergerakan kargo pada puncak arus balik hari ini, Senin 15 April 2024.

“Kami akan memberikan layanan yang terbaik di seluruh bandara yang kami kelola agar Posko Lebaran 2024 kali ini dapat berjalan aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa bandara dan stakeholder terkait,” ucap Faik. 

Sebelumnya, Faik menyebut 420 unit pesawat bakal dioperasikan selama periode mudik Lebaran 2024. Sejumlah penerbangan tambahan (extra flight) telah disiapkan di beberapa bandara.

Faik menjelaskan, jumlah pesawat pada periode lebaran kali ini lebih banyak dibandingkan periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebanyak 414 unit pesawat. Namun, dia mengakui bahwa jumlah pesawat saat ini masih jauh lebih sedikit daripada periode sebelum pandemi Covid-19 pada 2018 dan 2019.

"Tapi kalau dibandingkan 2019 itu ada sekitar 650 pesawat, bahkan di 2018 itu ada 740 pesawat yang dioperasikan," ujar Faik dalam konferensi pers InJourney, Rabu (27/3/2024).

Dari sisi jumlah pergerakan pesawat, kata Faik, periode Lebaran kali ini diperkirakan sebanyak 58.000 penerbangan. Jumlah tersebut baru mencakup 76% dari jumlah penerbangan di periode yang sama pada 2019. 

Minimnya jumlah unit pesawat yang beroperasi telah memicu mahalnya harga tiket pesawat. Musababnya, permintaan tiket pesawat pada periode peak season jauh lebih besar dibandingkan ketersediaan jumlah pesawat yang beroperasi.

Sejumlah strategi dilakukan Angkasa Pura Indonesia untuk menanggulangi hal tersebut, salah satunya dengan memberikan fleksibilitas kepada maskapai untuk menambah jam penerbangan atau ekstra flight.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper