Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik, 100.000 Lebih Pemudik Diprediksi Kembali ke Jabodetabek Hari Ini

Jasa Marga memprediksi sebanyak 40% pemudik atau lebih dari 100.000 kendaraan akan kembali ke Jabodetabek pada puncak arus balik Lebaran 2024, Senin (15/4/2024)
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga
Kendaraan mengantre di Gerbang Tol Cikampek Utama saat arus Mudik Lebaran 2024 - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memprediksi sebanyak 40% pemudik atau lebih dari 100.000 kendaraan akan kembali ke Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama pada puncak arus balik Lebaran 2024 hari ini, Senin (15/4/2024). 

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, hingga 14 April 2024 pukul 16.00 WIB, terpantau peningkatan lalu lintas pada Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta. 

"Kepadatan terpantau di beberapa titik jelang rest area, yaitu Rest Area KM 125 dan KM 97. Kepadatan juga dapat terjadi akibat adanya kendaraan gangguan di bahu jalan," kata Widiyatmiko dalam keterangan resminya, dikutip Senin (15/4/2024). 

Adapun, Jasa Marga sebelumnya mencatat sebanyak 1,5 juta kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-7 hingga Hari Raya Idulfitri 2024. Jumlah kendaraan tersebut meningkat 45,58% dari volume lalu lintas normal. 

Jasa Marga telah mempersiapkan upaya rekayasa lalu lintas bersama Kepolisian untuk mengurai kepadatan, seperti melakukan buka tutup akses rest area sesuai diskresi Kepolisian jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT kalihurip Utama serta penambahan Mobile Reader. 

Selain itu, pihaknya juga melakukan kanalisasi di Simpang Susun Pasteur untuk memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta, mengoperasikan fungsional Akses Masuk Ruas Tol Japek Selatan sampai dengan Kutanegara.

"Juga sesuai diskresi dari kepolisian untuk menghindari kepadatan akibat pertemuan lalu lintas dari GT Kalihurip Utama dan GT Cikampek Utama menuju Jakarta," tuturnya. 

Lebih lanjut, puncak arus balik Idulfitri 1445 Hijriah diprediksi terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2024). Jasa Marga memprediksi puncak arus balik Idulfitri 1445 H terjadi pada hari ini sehingga jumlah kendaraan yang melalui tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama meningkat.

"Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta tapi akan jauh lebih meningkat pada Senin," kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Cikampek, Minggu (14/4/2024) malam.

Menurutnya, volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102.000 kendaraan.

"Jumlah ini naik 168% dari volume lalu lintas normal," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper