Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-2 Lebaran: Pasar Tanah Abang Mulai Sepi, Pedagang Raup Rp20 Juta/Hari!

Pasar Tanah Abang mulai nampak sepi jelang Lebaran 2024 meski sebelumnya pedagang sempat raup pendapatan hingga Rp20 juta per hari.
Sejumlah kios pakaian di Pasar Tanah Abang Blok A dan Blok B mulai tutup dan pengunjung berkurang dua hari sebelum lebaran./ Bisnis -  Dwi Rachmawati
Sejumlah kios pakaian di Pasar Tanah Abang Blok A dan Blok B mulai tutup dan pengunjung berkurang dua hari sebelum lebaran./ Bisnis - Dwi Rachmawati

Bisnis.com, JAKARTA - Pengunjung Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat terpantau mulai berkurang pada H-2 Lebaran.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, terlihat sejumlah kios pedagang pakaian di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang sudah tutup. Deretan rollingdoor tutup sebagian dihiasi dengan pakaian anak-anak yang diobral oleh pedagang lainnya yang masih berjualan.

Yuni, salah seorang pedagang kerudung di lantai SLG Blok A Pasar Tanah Abang mengatakan hari ini merupakan hari terakhir dirinya berjualan. Musababnya, menurut dia mulai besok, Selasa 9 April 2024 atau H-1 lebaran Pasar Tanah Abang akan tutup dan tidak beroperasi.

"Tanggal 9 [April 2024] gedung tutup dua minggu, tanggal 22 [April] buka lagi [tokonya]," ujar Yuni saat ditemui di Blok A Pasar Tanah Abang, Senin (8/4/2024).

Yuni membeberkan bahwa kunjungan Pasar Tanah Abang mulai berkurang mendekati hari raya. Pasalnya sebagian pedagang maupun pengunjung telah pergi mudik ke kampung halaman.

"Orang udah pada mudik, kemarin pas awal bulan ramai," ucapnya.

Senada, Yopi salah seorang pedagang pakaian muslim pria di Blok A Pasar Tanah Abang mengatakan hari terakhir sebelum libur lebaran penjualan tidak begitu banyak. Menurutnya, puncak penjualan tertinggi di lapaknya justru terjadi di awal Maret 2024 atau sebelum puasa Ramadan.

Dia memerinci, rata-rata pendapatan harian selama Ramadan di kisaran Rp10 juta. Namun, sebelum Ramadan atau awal Maret 2024, dirinya bisa mengumpulkan pendapatan hingga Rp20 juta per hari.

"Karena sebelum puasa kan orang banyak yang beli buat jual lagi, buat dagang, ini kan bisa grosir bisa eceran, kalo bulan puasa kita biasanya banyak ngecer," ungkap Yopi.

Pedagang Pasar Tanah Abang
Pedagang Pasar Tanah Abang

Pedagang pakaian muslim pria di Pasar Tanah Abang Blok A lantai dasar sedang melayani pembeli di kiosnya./ BISNIS - Dwi Rachmawati

Keramaian pengunjung cenderung terjadi di lantai SLG dan LG Blok A maupun Blok B Pasar Tanah Abang. Sementara lantai-lantai atas cenderung sepi dan banyak kios pedagang yang tutup. Namun, blok kios Little Bangkok di Jembatan Metro Tanah Abang terpantau masih cukup ramai dengan pembeli yang rata-rata anak muda dan ibu-ibu.

Mella, salah seorang pembeli di Pasar Tanah Abang mengaku terpaksa belanja langsung ke Pasar Tanah Abang, alih-alih berbelanja secara daring di marketplace. Musababnya, waktu yang kian dekat dengan hari raya membuat Mella khawatir pesanannya tidak akan sampai tepat waktu sebelum dirinya mudik.

Mella pun membeli sejumlah pakaian di Pasar Tanah Abang untuk dijadikan oleh-oleh ke kampung halamannya sebelum mudik malam ini.

"Emang sengaja ke sini sebelum mudik, biar bisa cek langsung barangnya. Kalau online takutnya lama enggak nyampe-nyampe soalnya udah mepet lebaran," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper