Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik pada saat lebaran Idulfitri 2024 dalam keadaan aman. PLN menyiagakan 81.591 personel
Kantor pusat PLN./Istimewa
Kantor pusat PLN./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menegaskan bahwa pasokan listrik pada saat lebaran Idulfitri 2024 atau 1445 H dalam keadaan normal dan aman. Perusahaan listrik milik negara itu menyiagakan 81.591 personel

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya sudah memastikan dengan melakukan persiapan dua bulan terakhir untuk sistem kelistrikan saat lebaran.

“Untuk itu kami sudah lalukan persiapan dalam dua bulan ini. Kami sudah melakukan persiapan dari energi primer dan pembangkitnya, dari sistem transmisi, sistem distribusi, sistem pelayanan pelanggan," kata Darmawan saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (3/4/2024).

Lebih lanjut, untuk lebaran Idulfitri 2024 pihak PLN, kata Darmawan memiliki cadangan daya dan reserve margin yang lebih kokoh mencapai di atas 30%. 

Margin tersebut lebih kokoh jika dibandingkan dengan kondisi 2015.

“Saat ini sudah jauh lebih kokoh memiliki cadangan daya sangat besar dan reserve margin rata-rata di atas 30% dan ini adalah buah manis pengembangan ekspansi kelistrikan pembangkit, transmisi, dan distribusi. 2024 jauh lebih kokoh dibanding 2015," tuturnya.

Darmawan menyebut, pihaknya telah menetapkan masa siaga pada periode lebaran 2024. Dimana masa tersebut dimulai sedari tanggal 3 April - 19 April 2024.

Dengan masa siaga tersebut, PLN bakal mengerahkan ada 81.591 personel, 1.040 personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan membangun 2.706 posko pada lebaran tahun ini.

PLN, kata Darmawan juga sudah menyiapkan dan memastikab cadangan energi primer baik itu batu bara, gas dan BBM dalam kondisi yang aman.

“Untuk memastikan kondisi aman, kita sudah majukan seluruh jadwal pemeliharan, seperti pemeliharan pembangkit, transmisi, dan untuk jaringan diatribusi dan saluran ke pelanggan,” ujarnya.

Selain itu, Darmawan menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan screening dan patroli rutin untuk memastikan keadaan kelistrikan untuk konsmen terjaga.

“Sehingga jalannya lebaran bagi konsumen bisa berjalan dengan lancar,” ujar Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper