Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Prospek Jumbo Ladang Minyak di Dekat Jakarta, Segini Potensinya

Pemerintah mengidentifikasi masih terdapat prospek sumber daya minyak yang cukup besar di blok migas Offshore North West Java (ONWJ).
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan masih terdapat prospek sumber daya minyak yang cukup bagus untuk dikembangkan di Blok Offshore North West Java (ONWJ).

Prospek tersebut berada di Lapangan Zulu yang merupakan bagian dari Blok ONWJ. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa pengembangan di Lapangan Zulu masih terus berjalan.

"Iya cukup bagus ada prospek bagus di ONWJ sekarang,” kata Tjip dikutip, Rabu (20/3/2024).

Adapun, letak Blok ONWJ membentang dari Kepulauan Seribu, DKI Jakarta sampai ke Cirebon Utara, Jawa Barat. Luas wilayah kerja ONWJ mencapai 8.279,29 kilometer persegi. Blok migas ini dioperatori oleh PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong PT Pertamina (Persero) untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi lanjutan pada aset mereka di ONWJ.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pihaknya melihat adanya potensi besar di Lapangan Zulu.

“Tapi ada 1 lapangan yang coba kami scope, lebih zoom adalah di laut yang dikelola ONWJ itu besar. Lapangan Zulu namanya,” kata Tutuka saat ditemui di Kementerian ESDM, Kamis (14/3/2024).

Tutuka melihat bahwa Lapangan Zulu di Blok ONJW masih berpotensi menyimpan sumber daya minyak yang relatif besar, serta perlu dibuktikan lebih lanjut.

Dirinya memperkirakan bahwa pada lapangan tersebut masih menyimpan sekitar 800 juta hingga 1 miliar barel sumber daya minyak.

“Sangat besar volumenya bisa 800 juta sampai dengan 1 miliar sumber daya itu bisa dikelola [di Lapangan Zulu],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper