Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disetujui Jokowi, Proyek Tol Milik Jusuf Hamka Resmi Jadi PSN

Proyek Jalan Tol Harbour Road II (elevated) milik Jusuf Hamka resmi menjadi proyek strategis nasional (PSN) usai disetujui Presiden Jokowi.
Proyek Jalan Tol Harbour Road II (elevated) bakal menghubungkan wilayah Ancol Timur dengan Pluit - Dok. BPJT
Proyek Jalan Tol Harbour Road II (elevated) bakal menghubungkan wilayah Ancol Timur dengan Pluit - Dok. BPJT

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan proyek Jalan Tol Harbour Road II (elevated) yang saat ini digarap oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) milik Jusuf Hamka resmi ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN).

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang merinci bahwa rencana pengembangan Jalan Tol Harbour Road II telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai PSN baru.

Airlangga menyebut, penetapan PSN pada proyek swasta tersebut karena merupakan salah satu program padat karya yang mampu menyerap banyak tenaga kerja.

"Ada 14 PSN baru, periodenya dilakukan oleh swasta atau pembiayaan dari swasta, menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN dan ini sudah disetujui oleh presiden," kata Airlangga dikutip Selasa (19/3/2024).

Sebagai informasi, sebelumnya CMNP pada 27 Desember 2023 baru saja mendapat suntikan kredit dari PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACA) untuk mendorong perampungan proyek Tol Harbour Road II.

Perinciannya, CMNP mendapat kucuran dana melalui dua jenis fasilitas kredit yang berbeda. Sebesar Rp50 miliar dipinjam melalui fasilitas Pinjaman Rekening Koran (PRK), sedangkan sisanya sebanyak Rp550 miliar dipinjam melalui fasilitas Pinjaman Akseptasi Money Market (PA MM). Seiring dengan hal itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek Tol Harbour Road II rampung pada 2025.

Proyek Jalan Tol Layang Harbour Road II telah dimulai pembangunannya pada 4 Oktober 2019 dan mulanya ditargetkan akan rampung secara keseluruhan pada 2022. Namun, hingga saat ini proyek tersebut terpantau masih dalam tahap konstruksi.

Jalan Tol Harbour Road II membentang sepanjang kurang lebih 9,6 kilometer yang bakal menghubungkan wilayah Ancol Timur dengan Pluit.

Adapun, melansir informasi pada laman resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Harbour Road II akan terintegrasi dengan Akses Tanjung Priok (ATP) dan Tol Ir Sedyatmo atau Tol Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, kehadiran Tol HBR II juga akan berkontribusi membentuk lingkar penuh dari jalan tol JORR 1 dan interkoneksi dengan Tol Lingkar Dalam Jakarta atau Jakarta Intra Urban Toll (JIUT).

Pembangunan ruas Jalan Tol HBR II dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP). Proyek yang diperkirakan menelan investasi Rp15,8 triliun ini awalnya ditargetkan selesai pada 2024. Namun, target tersebut diperkirakan sulit dicapai sehingga mundur ke 2025. 

Lokasi lajur Proyek jalan Tol HBR II sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta 2030 terkait Rencana Struktur dan Pola Ruang. Di mana, keberadaan Jalan Tol HBR II juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing Pelabuhan Tanjung Priok dalam efisiensi jalur logistik laut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper